Cerita Pasukan Pantang Libur saat Lebaran, Tetap Kerja Layani Warga

Pemkot Semarang beri apresiasi untuk penyemangat kerja

Intinya Sih...

  • Pemkot Semarang memberikan apresiasi kepada petugas lapangan yang tetap bekerja selama libur Lebaran.
  • Para petugas dari berbagai instansi seperti Dinas Perhubungan, Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum, dan Polisi Pamong Praja mendapat penghargaan.
  • Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, memberikan apresiasi untuk pertama kalinya dan mengatakan hal ini menjadi dorongan semangat bagi para ASN di Pemkot Semarang.

Semarang, IDN Times - Selalu ada cerita dari para pekerja yang tidak bisa menikmati libur saat Hari Idulfitri. Mereka tetap bekerja dan melayani masyarakat Kota Semarang ketika yang lain libur Lebaran.  

1. Bela bertugas atur lalu lintas dan parkir

Cerita Pasukan Pantang Libur saat Lebaran, Tetap Kerja Layani WargaPara ASN di lingkungan Pemkot Semarang menggelar halal bihalal bersama Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Selasa (16/4/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Seperti Bela Riswardani dari Dinas Perhubungan Kota Semarang. Saat Hari Idulfitri ia bertugas di Posko Terpadu Tugu Muda Semarang.

Pada masa libur Lebaran kemarin, petugas non ASN Bidang Pengendalian dan Ketertiban (Daltib) itu tidak libur dan tetap bertugas mengatur lalu lintas di Tugu Muda dan pengamanan di Jalan Pandanaran Semarang.

"Tidak libur, harus bertugas. Saat puncak arus mudik, juga pengamanan di Pandanaran karena pemudik yang tidak paham kantong parkir harus diarahkan. Kami bertugas mengatur lalu lintas dan parkirnya," ujar Bela, Selasa (16/4/2024).

Selain Bela, juga ada Sigit Hermawan, penyapu jalan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang. Ada juga Munardi, sebagai tenaga harian pembersihan sedimen saluran dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

Baca Juga: WFH Tak Berlaku di Pemkot Semarang, ASN Bolos TPP Dipotong 15 Persen

2. Dapat penghargaan dari Wali Kota Semarang

Cerita Pasukan Pantang Libur saat Lebaran, Tetap Kerja Layani WargaWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. (dok. Pemkot Semarang)

Termasuk Galih Nur Setiawan Bidang Pertamanan dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, dan Sulis Setyawan Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang.

Pengabdian mereka yang tak kenal lelah itu mendapat apresiasi dari Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Perempuan yang akrab disapa Ita ini memberikan penghargaan kepada petugas lapangan atas dedikasinya tetap bekerja selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Para petugas lapangan tersebut berasal dari beberapa instansi. Ada yang ditempatkan di Posko Terpadu Pengamanan Lebaran 2024 dan bertugas mengatur lalu lintas, penyapu jalan, maupun keamanan dan ketertiban.

Ita mengatakan, ia mengapresiasi para petugas lapangan tersebut yang memilih tidak libur dan merayakan Lebaran jauh dari keluarga karena alasan bertugas.

"Iya, memberikan apresiasi kepada para petugas-petugas dari dinas teknis yang mereka itu tidak libur," katanya usai menggelar halal bihalal di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa (16/4/2024).

3. Dorongan semangat kerja bagi ASN

Cerita Pasukan Pantang Libur saat Lebaran, Tetap Kerja Layani WargaWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memberikan penghargaan kepada petugas lapangan atas dedikasinya tetap bekerja selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah saat menggelar halalbihalal di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa (16/4/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Apresiasi sekaligus penghargaan itu merupakan kali pertama sepanjang sejarah yang dilakukan Wali Kota Semarang.

"Justru pada saat libur apalagi Lebaran sangat-sangat luar biasa untuk kerjanya, sehingga kami memberikan apresiasi," katanya.

Pada momentum halalbihalal ini menjadi dorongan semangat kerja bagi para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

"Sekarang adalah waktunya untuk berbenah, waktunya untuk memulai pelayanan yang normal kembali," imbuh Ita.

Sementara, Bela menyampaikan, apresiasi tersebut akan menjadi penyemangat dalam bekerja.

"Alhamdulillah bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan Ibu Wali Kota Semarang kepada kami. Ini menjadi satu penyemangat bagi saya untuk lebih giat lagi dalam bekerja," ucapnya.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 900 Warga Semarang Kembali Merantau ke Jakarta

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya