Disdik Semarang Jamin Sistem Data PPDB 2024 Aman dari Peretasan

Proses PPDB berjalan lancar

Semarang, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Semarang menjamin sistem data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 aman dari ancaman peretasan. Sebab, keamanan siber dalam sistem PPDB di Kota Semarang lebih diperketat.

1. Keamanan siber diperketat

Disdik Semarang Jamin Sistem Data PPDB 2024 Aman dari PeretasanKepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto. (IDN Times/bt)

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, keamanan siber dalam sistem PPDB Kota Semarang tahun ini lebih diperketat.

"Alhamdulillah PPDB Kota Semarang 2024/2025 mulai TK, SD, hingga SMP sampai hari ini baik di sistem maupun aplikasi data server aman," ungkapnya, Kamis (4/7/2024)

Menurut dia, proses PPDB yang berbasis digital tersebut hingga saat ini berjalan lancar. Baik dari sisi perlindungan perangkat keras, jaringan, aplikasi perangkat lunak, hingga pusat data.

Baca Juga: Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di Semarang

2. Kerja sama dengan Dinustek

Disdik Semarang Jamin Sistem Data PPDB 2024 Aman dari PeretasanIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Dalam hal ini pihaknya bekerja sama dengan PT. Dian Nuswantoro Teknologi (Dinustek), perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi komputerisasi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

"Kami bekerja sama dengan Dinustek sebagai penyedianya, data-data yang ada di PPDB ini sudah terupdate dan tersimpan baik di server," katanya.

Bambang menjelaskan, Dinustek telah memiliki pengalaman dalam pengembangan dunia komputerisasi. Maka itu, ia memastikan mitigasi risiko ancaman peretasan telah disiapkan sejak awal kerja sama.

3. Aplikasi sesuaikan Perwal PPDB

Disdik Semarang Jamin Sistem Data PPDB 2024 Aman dari PeretasanIlustrasi. Posko informasi PPDB Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Termasuk regulasi yang telah disesuaikan dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau bentuk lain yang sederajat di Kota Semarang.

"Mulai dari aplikasi, kemudian proses bisnis lalu server di-backup oleh Dinus Tech. Mereka sudah menyesuaikan regulasi yang sudah ditetapkan bersama dalam peraturan wali kota," terangnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini masyarakat digegerkan dengan adanya praktik peretasan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Akibatnya, sejak 20 Juni 2024 sebagian besar data di pusat data yang dipakai 282 institusi pemerintah pusat dan daerah tersebut terkunci dan tak bisa dipulihkan hingga kini.

Baca Juga: Duh! Ditemukan Piagam Marching Band Palsu saat PPDB SMA Favorit di Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya