Fasilitasi Peneliti, Co-working Space BRIN Buka di Semarang

Banyak fasilitas yang menunjang penelitian

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang meresmikan Co-working Space (CWS) BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) di Kawasan Balai Kota Semarang, Senin (20/5/2024). Tempat tersebut siap memfasilitasi para peneliti atau periset. 

1. Co-working space BRI berlokasi di Balai Kota Semarang

Fasilitasi Peneliti, Co-working Space BRIN Buka di SemarangWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu didampingi Sekretaris Utama BRIN, Nur Tri Aries Suestiningtyas meresmikan Co-working Space (CWS) BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) di Kawasan Balai Kota Semarang, Senin (20/5/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Co-working Space BRIN ini menempati gedung kantor Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti. Sehingga, harapannya penelitian mereka bisa mendukung pemerintah daerah.

"Kami bersinergi menyediakan tempat bagi periset. Fasilitas berupa tempat untuk meeting, kami menambah meja dengan stop kontak karena mereka senjatanya laptop dan gadget,’’ ungkapnya saat meresmikan co-working space tersebut.

Baca Juga: Pemkot Semarang Gandeng BRI Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijau

2. Fasilitas menunjang untuk peneliti

Fasilitasi Peneliti, Co-working Space BRIN Buka di Semarangilustrasi melakukan riset (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain itu, di co-working space juga ada fasilitas seperti Wi-fi gratis dan kafe. Kemudian, ditunjang dengan area outdoor serta pojok baca untuk hasil riset BRIN.

Sementara itu, Sekretaris Utama BRIN, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penyediaan Co-working Space untuk BRIN di Kota Semarang.

"Apalagi sistem kerjanya BRIN memang Co-working Space ya. Ini menjadi satu model yang baik, bagaimana responsif dan inovatifnya Pemkot Semarang yang secara cepatnya menyediakan tempat untuk menunjang para peneliti," katanya.

3. Akan ada 21 pusat riset

Fasilitasi Peneliti, Co-working Space BRIN Buka di Semarangilustrasi mencatat hasil riset (https://unsplash.com/@thoughtcatalog)

Ke depan, BRIN menantikan kolaborasi-kolaborasi pengembangan riset di Ibu kota Jawa Tengah.

Sementara, Co-working Space BRIN di Kota Semarang ini adalah yang ketiga selain di Jakarta dan Bali.

"Lokasinya sangat strategis, ada di pusat kota dan pusat pemerintahan. Kami sudah lihat sarana prasarana di sini yang sangat memadai. Di sini akan ada 21 pusat riset yang mengakomodir hampir 150 periset. SDM inilah yang harus dimanfaatkan untuk menghasilkan karya-karya baru. Harapannya dengan ini kami bisa lebih dekat dengan masyarakat," tandas Tri.

Baca Juga: Hari Kebangkitan Nasional, Pemkot Semarang Ajak Anak Muda Kolaborasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya