Hore! 15 Montir di Jateng Dapat Bantuan Baznas, Majukan Usaha Bengkel

Para montir juga dapat pelatihan dan pendampingan teknis

Semarang, IDN Times - Sebanyak 15 montir bengkel kendaraan bermotor di Jawa Tengah menerima bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI. Penyerahan bantuan program Z-Auto ini dilakukan saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/6/2024).

1. Baznas luncurkan program Z-Auto

Hore! 15 Montir di Jateng Dapat Bantuan Baznas, Majukan Usaha BengkelStan Baznas diramaikan oleh mustahik yang memiliki usaha acara Pameran Gelar Dagang UPPKA dan UMKM dalam rangka Hari Keluarga Nasional Ke-31 di Lapangan Simpang Lima Semarang, Kamis (27/6/2024). (IDN Times/Anggun P)

Plt. Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Baznas RI, Eka Budhi Sulistyo mengatakan, Baznas kembali meluncurkan program pemberdayaan UMKM, yakni Z-Auto. Kali ini penerima manfaat adalah pemilik usaha bengkel motor yang dikelola para mustahik binaan Baznas.

"Baznas RI bekerja sama dengan Baznas Provinsi Jawa Tengah menyalurkan paket bantuan program Z-Auto kepada 15 montir mustahik yang ada di 15 kabupaten dan kota di wilayah Jateng,’’ ungkapnya saat ditemui.

Pada program Z-Auto ini, Baznas memberikan bantuan modal usaha seperti empat usaha, perlengkapan dan alat-alat bengkel, kompresor, hingga seragam untuk para mustahik. Para montir juga mendapat modal kerja, yakni barang-barang fast moving seperti oli, sparepart, dan lainnya yang dapat digunakan sebagai aktivitas kegiatan di Z-Auto.

Eka menjelaskan, pada program Z-Auto ini pihaknya tidak hanya memberikan bantuan modal saja kepada montir mustahik. Namun, juga memberikan pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala demi mendorong kemandirian ekonomi mustahik.

Baca Juga: Mustahik Kelompok Tani UPPKA di Semarang Terima Bantuan dari Baznas

2. Seleksi ketat penerima manfaat

Hore! 15 Montir di Jateng Dapat Bantuan Baznas, Majukan Usaha BengkelBaznas menyerahkan bantuan program Z-Auto ini dilakukan saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/6/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

"Dalam Z-Auto kami juga memberikan pendampingan, karena hal itu penting kita lakukan untuk bisa memantau bagaimana perkembangan Z-Auto, bagaimana mengatasi kendala, dan bagaimana para montir dapat melakukan kegiatan pengembangan usaha," jelasnya.

Pemberian dan pelatihan pada para montir Z-Auto ini untuk memperkuat dan meningkatkan performa kerja mereka, sehingga pelayanan kepada pelanggan bisa lebih baik.

Selanjutnya, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan mengatakan, dalam program ini pihaknya menyeleksi ketat para penerima manfaat agar tepat sasaran dan jatuh di tangan orang yang berhak. Proses seleksi mustahik dilakukan oleh masing-masing Baznas di kabupaten dan kota.

"Jadi mereka melakukan seleksi terhadap montir-montir yang ada di sekitar mereka kemudian menetapkan mereka sebagai penerima bantuan," terangnya.

3. Baznas akan bantu bengkel berafiliasi dengan perusahaan

Hore! 15 Montir di Jateng Dapat Bantuan Baznas, Majukan Usaha BengkelStan Baznas diramaikan oleh mustahik yang memiliki usaha acara Pameran Gelar Dagang UPPKA dan UMKM dalam rangka Hari Keluarga Nasional Ke-31 di Lapangan Simpang Lima Semarang, Kamis (27/6/2024). (IDN Times/Anggun P)

Selain itu, Baznas juga akan mengawal dan mengevaluasi secara berkala perkembangan para penerima manfaat. Nantinya pula, akan mengembangkan usaha para mustahik dengan berbagai cara, salah satunya menggandeng sejumlah perusahaan.

"Jangka waktu kegiatan kita akan melakukan pengecekan dan evaluasi selama satu tahun, bagaimana perkembangannya dan kemudian kita akan tingkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan supaya nanti Z-Auto bisa terus berkembang dan bisa berafiliasi dengan perusahaan dalam konteks pengembangan dan pemeliharaan," ujarnya.

Sementara, salah satu montir penerima manfaat, Puji Supriadi mengatakan, ia bersyukur bengkel yang menjadi ladang rezeki selama 10 tahun ini mendapat bantuan dari Baznas.

‘’Alhamdulilah dapat bantuan dari Baznas. InsyaAllah bengkel saya bisa berkembang dan maju. Serta, ke depan bisa menikmati bantuan ini,’’ kata pemilik Rafa Motor di Jalan Abdulrahman Saleh Semarang itu.

Baca Juga: Baznas Semarang Salurkan 17 Ton Beras ke Mustahik Saat Lebaran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya