Hore! Makin Banyak Sekolah Swasta Gratis di Semarang pada 2025

Pemkot Semarang menambah jumlah sekolah gratis

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menambah jumlah sekolah swasta gratis tingkat sekolah menengah pertama (SMP) pada tahun 2025. Upaya ini untuk memfasilitasi dan memberikan pilihan calon siswa yang tidak diterima di penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri.

1. Penambahan jumlah sekolah sesuai hasil kajian

Hore! Makin Banyak Sekolah Swasta Gratis di Semarang pada 2025Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto. (IDN Times/bt)

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, penambahan jumlah sekolah swasta yang bebas biaya pendidikan ini berdasarkan hasil kajian pemerintah. Yakni, untuk memfasilitasi masyarakat dalam menempuh pendidikan.

"Total keseluruhan dari TK, SD, dan SMP ada 121 sekolah swasta gratis saat ini. InsyaAllah nanti sekolah swasta gratis akan bertambah lagi," ungkapnya, Jumat (5/7/2024).

Menurut dia, orang tua tak perlu berkecil hati bila anaknya tak diterima di sekolah negeri yang diinginkan. Sebab, sekolah swasta gratis bisa menjadi alternatif karena fasilitas yang diberikan sama.

Baca Juga: SD Tutup Masih Terdaftar di Sistem PPDB Semarang? Ini Alasan Sekolah 

2. Sarpras sekolah sudah memadai

Hore! Makin Banyak Sekolah Swasta Gratis di Semarang pada 2025Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Untuk diketahui, sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah swasta gratis telah memadai. Mulai dari segi pelayanan, hingga akreditasi pun masuk dalam monitoringnya.

"Kami juga sudah melakukan pertemuan intens dengan para kepala sekolah swasta gratis. Ini agar mereka bisa berbenah lebih baik lagi, mulai pelayanan, dan akreditasi, karena sekarang menjadi alternatif dan supaya trust (kepercayaan-red) dari masyarakat tinggi," kata Bambang.

3. Disdik bantu promosikan sekolah swasta gratis

Hore! Makin Banyak Sekolah Swasta Gratis di Semarang pada 2025Wakasis SMAN 1 Semarang Budi Handoyo memantau proses pendaftaran berkas dan akun calon peserta didik. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terkait untuk menarik calon siswa, Disdik akan membantu mempromosikan keberadaan sekolah swasta gratis kepada masyarakat, baik jumlah dan titik lokasinya.

"Ini akan kami gencarkan lagi karena masyarakat juga masih ada yang belum tahu sekolah swasta gratis. Kemudian, termasuk sekolah swasta gratis supaya bisa memberikan pelayanan yang baik agar dapat menempuh pendidikan dengan akses-akses yang mudah,” tandas Bambang.

Baca Juga: Disdik Semarang Jamin Sistem Data PPDB 2024 Aman dari Peretasan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya