Ini Alasan Pemerintah Berlakukan WFH 16-17 April 2024 untuk ASN

ASN yang mudik diminta sesuaikan waktu balik 

Semarang, IDN Times - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhajir Effendi menegaskan penerapan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) pada 16-17 April 2024 hanya berlaku untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu para ASN diminta menyesuaikan waktu untuk kembali ke daerah asal atau tempat kerja.

"WFH Selasa dan Rabu, Kamis dan Jumat masuk, tidak boleh bolos," kata Muhajir saat membuka sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024). 

Lebih lanjut dia menyampaikan, ASN tidak perlu ikut dalam arus balik seperti pemudik yang berasal dari non ASN. Kendati demikian, mereka diminta untuk menyesuaikan waktu kembali ke tempat kerjanya.

Kebijakan itu juga diamini oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Ia menuturkan, derajat kejenuhan lalu lintas atau V/C Ratio saat arus balik Lebaran ini lebih dari satu.

"Kami tidak mau ambil risiko jika terjadi kemacetan. Maka itu, kebijakan penerapan bekerja dari rumah untuk ASN selama dua hari bisa memberi kesempatan pemudik untuk melakukan perjalanan dengan lebih tenang,” terangnya. 

Baca Juga: Semarang Zoo Tawarkan Aktivitas Beri Makan Harimau ke Pengunjung 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya