Jadi Tuan Rumah Harganas, Kota Semarang Usung Konsep Tangani Stunting

Puncak Perayaan Harganas dihadiri Presiden Jokowi

Intinya Sih...

  • Puncak perayaan Harganas dihadiri Presiden Jokowi di Simpang Lima Kota Semarang, 29 Juni 2024.
  • Tema besar kegiatan: Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas. Tuan rumah mengusung konsep penanganan stunting.
  • Acara memeriahkan dengan wisuda lansia, masak-masak, khitanan masal, donor darah, pelayanan KB, dan pameran Program Bangga Kencana.

Semarang, IDN Times - Kota Semarang menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 pada 25-29 Juni 2024. Sesuai rencana, puncak perayaan Harganas akan dihadiri Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Simpang Lima Kota Semarang, Sabtu (29/6/2024). 

1. Kota Semarang mampu turunkan angka stunting

Jadi Tuan Rumah Harganas, Kota Semarang Usung Konsep Tangani StuntingMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melanjutkan blusukannya meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting ke Posyandu As Syifa yang berlokasi di Desa Palem, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, pada Sabtu (15/6/2024) (Dok. Humas Kemenko PMK)

Adapun, tema besar dari kegiatan tersebut adalah Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas. 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya sebagai tuan rumah akan mengusung konsep penanganan stunting.   

“Kota Semarang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan ini, karena salah satu alasannya karena mampu menurunkan angka stunting 10 persen. Sehingga, menjadi satu percontohan, sukses story terkait masalah stunting,” ujarnya saat rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6/2024). 

Baca Juga: Akhir Juni Jateng Targetkan Intervensi Stunting Capai 90 Persen

2. Dihadiri 10 ribu tamu dari seluruh Indonesia

Jadi Tuan Rumah Harganas, Kota Semarang Usung Konsep Tangani StuntingKepala BKKBN, Dokter Hasto saat berada di Luwu Utara, Kamis (13/6/2024)/Istimewa

Secara keseluruhan, tahapan-tahapan sudah berjalan lancar. Hanya saja, perempuan yang akrab disapa Ita ini ingin acara tersebut bisa dikenal dan dikenang oleh seluruh warga terkait upaya atau penanganan stunting di Kota Semarang. 

“Kemudian di sini minimal 10 ribu orang hadir dari seluruh Indonesia, sehingga harus disiapkan pelayanannya, seperti oleh-oleh, souvenir, agar lebih siap. Nah ini kita yang harus tangkap untuk promosi,” bebernya. 

3. Pameran Pembangunan Program Bangga Kencana

Jadi Tuan Rumah Harganas, Kota Semarang Usung Konsep Tangani StuntingOtorita IKN bersama BKKBN dan Bankaltimtara komitmen turunkan angka stunting di IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Sementara, untuk memeriahkan acara itu, nanti juga akan digelar wisuda lansia, masak-masak dan gerakan kembali ke meja makan, serta khitanan masal, donor darah, hingga pelayanan KB di perusahaan yang terpusat di PT SAMI. Ada pula beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap daerah. Tak hanya itu, ada pula pameran Pembangunan Program Bangga Kencana.

Program Bangga Kencana merupakan rebranding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat.

Baca Juga: Hore! Biaya Pendidikan Sekolah 41 SMP Swasta di Semarang Gratis

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya