Kota Lama Semarang Masih Jadi Wisata Favorit Saat Libur Lebaran

Kunjungan wisata Ke Semarang naik 32 persen

Semarang, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Ibu kota Jawa Tengah meningkat pada momen libur Lebaran 2024. Peningkatan tersebut mencapai 32 persen hingga hari ketiga Hari Idulfitri, Jumat (12/4/2024).

Sub Koordinator Informasi Budaya dan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Agus Kariswanto mengatakan, jumlah kunjungan wisata ke Kota Semarang pada momen Lebaran 2024 mencapai 162 ribu.

‘’Untuk hari ini, Sabtu (13/4/2024), data belum masuk. Namun, kalau dihitung periode sama dibanding tahun lalu naik 32 persen," ungkapnya, Sabtu (13/4/2024).

Selama libur Lebaran, destinasi wisata yang menjadi jujugan favorit wisatawan adalah kawasan Kota Lama Semarang. Destinasi wisata Kota Lama Semarang menjadi andalan dan paling sering dikunjungi.

"Jelas nomor satu kawasan Kota Lama. Saat ini destinasi tersebut masih di peringkat pertama pada kunjungan wisata di Jawa Tengah," tutur Karis.

Pemkot Semarang terus membenahi kawasan Kota Lama agar semakin indah dan tertata. Kawasan yang disebut Little Netherland ini menawarkan bangunan-bangunan lama bergaya Eropa. Adapun, sebagian besar bangunan telah direvitalisasi agar bisa dinikmati para wisatawan saat berkunjung.

Karis menjelaskan, selain Kota Lama, destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain Pantai Marina dan Museum Lawang Sewu.

‘’Wisatawan juga mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang Zoo, dan Goa Kreo. Destinasi tersebut juga turut mengalami peningkatan jumlah pengunjung,’’ ujarnya.

Menurut dia, cuaca cerah dan relatif sejuk dibanding tahun sebelumnya menjadi salah faktor wisatawan tertarik datang ke Kota Semarang.

"Karena tahun lalu cuaca saat lebaran sangat panas, sedangkan tahun ini relatif agak sejuk. Sehingga, pergerakan pengunjung wisata juga lebih oke. Hanya saja, data itu masih sementara dan akan terus berkembang. Sebab, tahun lalu justru pasca lebaran terjadi lonjakan pengunjung," tandasnya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Khas Semarang, Terkenal dan Legendaris

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya