KPK 6 Jam Geledah Kantor Damkar Semarang, Pulang Bawa 3 Koper

Lanjutkan penyidikan dugaan korupsi Pemkot Semarang

Semarang, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan penyidikan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Kali ini para penyidik KPK menggeledah Dinas Pemadam Kebakaran atau Damkar Kota Semarang, Kamis (25/7/2024).

Rombongan penyidik tiba dengan mobil Toyota Innova hitam sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka langsung menggeledah sejumlah ruangan Kantor Damkar yang berlokasi di Jalan Madukoro Kota Semarang.

Para penyidik pun juga meminta keterangan pada para pegawai Damkar Kota Semarang. Selain itu, sejumlah handphone dikumpulkan, termasuk Pelaksana tugas (Plt) Kepala Damkar Kota Semarang, Rianung dan Sekretaris Damkar Kota Semarang, Ade Bhakti.

"Meminjam ruangan Pak Kadis ada beberapa berkas yang diminta, anggaran 2022-2024," ungkap Ade Bhakti usai penggeledahan.

Penyidikan di Kantor Damkar itu berlangsung sekitar enam jam. Pada pukul 15.05 WIB, para penyidik meninggalkan Kantor Damkar Kota Semarang dengan membawa tiga koper.

Untuk diketahui, KPK tengah melakukan tiga penyidikan di lingkungan Pemkot Semarang, yakni dugaan tindak pidana korupsi atas pengadaan barang atau jasa di lingkungan Pemkot Semarang tahun 2023 sampai dengan 2024.

Selanjutnya, juga dugaan pemerasan terhadap pegawai negeri atas insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah kota Semarang, serta dugaan penerimaan gratifikasi tahun 2023 sampai dengan 2024.

Penyidik KPK juga telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam perkara tersebut namun belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai identitas para pihak tersebut.

Baca Juga: Komisi D DPRD Jateng Digeledah KPK, Semua Anggota Lagi Reses

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya