Langgar Kebijakan Ramadan, 4 Tempat Hiburan di Semarang Disegel  

Buka melebihi jam operasional yang ditentukan 

Intinya Sih...

  • Satpol PP Kota Semarang menyegel 4 tempat hiburan yang melanggar jam operasional selama bulan Ramadan.
  • Tempat hiburan yang ditutup antara lain Permata Karaoke, Joy Karaoke, Dwi Fortuna Karaoke, dan Baby Face.
  • Ketentuan jam operasional usaha hiburan malam selama Ramadan diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Semarang nomor B/436/500.13.1/III/2024.

Semarang, IDN Times - Sejumlah tempat hiburan di Kota Semarang melanggar kebijakan jam operasional saat bulan Ramadan. Maka itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyegel tempat hiburan tersebut, Jumat (29/3/2024) dini hari.

1. 4 tempat hiburan melanggar

Langgar Kebijakan Ramadan, 4 Tempat Hiburan di Semarang Disegel  Tempat hiburan di Kota Semarang disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) karena melanggar aturan jam buka selama Ramadan, Jumat (29/3/2024) dini hari. (dok. Satpol PP)

Sekretaris Satpol PP Kota Semarang, Marthen Stevanus Da Costa mengatakan, total ada empat tempat hiburan yang ditutup. Penutupan itu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

‘’Penindakan ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait tempat hiburan yang melanggar jam operasional khusus selama bulan Ramadan,’’ ungkapnya.

Adapun, tempat hiburan yang melanggar aturan di bulan Ramadan itu di antaranya Permata Karaoke di Jalan Medoho Semarang, Joy Karaoke dan Dwi Fortuna Karaoke di Jalan Arteri Soekarno Hatta, serta Baby Face di Jalan Anjasmoro Semarang Barat.

Baca Juga: Pabrik Pil Koplo di Semarang Digerebek, Pemkot Evaluasi Perizinan

2. Minta masyarakat melapor

Langgar Kebijakan Ramadan, 4 Tempat Hiburan di Semarang Disegel  Tempat hiburan di Kota Semarang disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) karena melanggar aturan jam buka selama Ramadan, Jumat (29/3/2024) dini hari. (dok. Satpol PP)

Sesuai kebijakan pada bulan Ramadan, tempat hiburan hanya boleh buka dari pukul 18.00 hingga 01.00 WIB.

‘’Setelah kejadian ini kami memastikan bakal terus melakukan pengawasan terkait tempat hiburan saat Ramadan. Kami juga berharap partisipasi masyarakat untuk terus melapor jika mendapati masih ada tempat hiburan yang beroperasi melebihi batas waktu,” imbuh Marthen.

3. Pembatasan jam operasional untuk hormati ibadah Ramadan

Langgar Kebijakan Ramadan, 4 Tempat Hiburan di Semarang Disegel  Salah satu tempat hiburan di Kota Semarang disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) karena melanggar aturan jam buka selama Ramadan, Jumat (29/3/2024) dini hari. (dok. Satpol PP)

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menerangkan jika aturan khusus terhadap usaha hiburan selama Ramadan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Semarang nomor B/436/500.13.1/III/2024 tentang Ketentuan Jam Operasional Usaha Hiburan Selama Ramadan.

Ketentuan pembatasan jam operasional seluruh usaha hiburan malam itu bertujuan untuk menghormati dan menjaga pelaksanaan ibadah Ramadan. Tempat hiburan yang dimaksud di antaranya, diskotik, karaoke keluarga, panti pijat, panti pijat refleksi, spa, dan tempat biliar.

Baca Juga: Cegah Korupsi, KPK Pantau Pengadaan Barang dan Jasa di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya