Open House Wali Kota Semarang, Warga Santap Hidangan Lebaran Gratis

Masyarakat antusias datang ke Balai Kota Semarang.

Semarang, IDN Times - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menggelar open house atau ramah tamah saat Hari Idulfitri 1445 Hijriyah di Balai Kota Semarang, Rabu (10/4/2024). Masyarakat dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Semarang berbondong-bondong hadir di acara tersebut. 

1. Warga antre bersalaman dengan Wali Kota Semarang

Open House Wali Kota Semarang, Warga Santap Hidangan Lebaran GratisWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menggelar open house untuk merayakan Hari Idul Fitri 1445 Hijriyah di Balai Kota Semarang, Rabu (10/4/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Mereka datang untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan usai melaksanakan Salat Idul Fitri di Halaman Balai Kota Semarang. Antrean masyarakat dan jajaran OPD bahkan mengular untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri ke Wali Kota Semarang.

Leanai, warga Semarang Utara tampak antusias saat mengantre untuk bersalaman dengan Wali Kota yang akrab disapa Ita usai salat Idulfitri.

"Senang dan gembira sekali bisa lebaran bersama Bu Wali Kota. Tentu saja sangat senang bisa melihat ibu Wali kota secara langsung dan bisa salim," katanya yang baru pertama kali datang Salat Ied dan ikut Open House di Balai Kota Semarang.

Senada, Henry Pambuko, warga Krapyak Semarang Barat mengaku sengaja datang ke Balai Kota untuk salat Idulfitri.

Baca Juga: Uskup Agung Semarang Sambangi MAJT, Ucapkan Selamat Idul Fitri

2. Warga ingin rasakan Lebaran dengan suasana beda

Open House Wali Kota Semarang, Warga Santap Hidangan Lebaran Gratisilustrasi opor ayam kuning (youtube.com/Devina Hermawan)

"Kebetulan baru pertama kali. Biasanya di rumah, ini pengen rasakan Lebaran dengan suasana yang berbeda," tuturnya.

Tak disangka, kondisi Balai Kota justru ramai karena ada Open House dengan Wali Kota Semarang. Bahkan, Pemkot Semarang juga menyediakan hidangan Lebaran gratis bagi warga masyarakat yang hadir.

"Ramai sekali, bahkan ada makanan juga dari Pemkot nyediain makanan. Ada soto, opor, siomay, bakso dan lain-lain. Kebetulan keluarga lagi pergi jadi ke sini sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, jika lebaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena diadakan open house.

3. Ingin menyapa dan silaturahmi dengan masyarakat

Open House Wali Kota Semarang, Warga Santap Hidangan Lebaran Gratisilustrasi silaturahmi (freepik.com/EyeEm)

"Karena tahun lalu masih ada COVID-19, jadi kami tidak melakukan kegiatan open house karena adanya pembatasan-pembatasan. Hal ini berbeda dengan sekarang. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias," ujarnya.

Terhitung, sudah delapan tahun Ita melakukan Salat Ied di Balai Kota Semarang bersama masyarakat. Namun, pada tahun ini dirinya sengaja membuka open house dengan lebih awal agar bisa menyapa dan bersilaturahmi dengan jajaran OPD dan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, kita bisa bersama-sama dengan masyarakat. Senang karena tadi pada antusias. Saya minta jangan lama-lama open house karena pasti mereka punya kegiatan dengan keluarga dan tradisinya Jawa khususnya ziarah ke makam leluhur," imbuhnya.

"Setelah ini saya akan bersilaturahmi ke Pj Gubernur Jateng, Kapolda dan Pangdam. Yang pertama memang open house bersama masyarakat karena masyarakat adalah prioritas," tandas Ita.

Baca Juga: 200 Pemudik Gratis dari Jakarta Tiba di Terminal Mangkang Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya