Pelaku Industri Diajak Wujudkan Green Industry di Annual Meeting BKKPI

Akan digelar di Muladi Dome Undip Semarang

Intinya Sih...

  • Annual Meeting 2024 BKKPII akan digelar di Muladi Dome Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada 26-28 September 2024.
  • Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan green industry dan meningkatkan kesadaran pelaku industri tentang proses safety management.
  • Pada acara tersebut akan hadir pembicara yang kompeten di bidangnya, termasuk dari pemerintahan, akademisi, dan industri di Indonesia.

Semarang, IDN Times - Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia (BKKPII) akan menggelar kegiatan tahunan, yakni Annual Meeting 2024 pada 26 - 28 September 2024 di Muladi Dome Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Salah satu agenda kegiatan tersebut adalah mengajak pelaku industri untuk mewujudkan green industry.

1. Ada berbagai kegiatan industrial expo hingga fun walk

Pelaku Industri Diajak Wujudkan Green Industry di Annual Meeting BKKPIPra kegiatan Annual Meeting 2024 BKKPII. (dok. BKKPII)

Pada tahun ini kegiatan tersebut mengambil tema "Enhancing Process Safety Management and Green Industry Implementation to Strengthen NZE Acceleration". Adapun, akan ada berbagai kegiatan mulai dari Industrial Expo, Konferensi Industri Hijau dan Keselamatan Proses, Konvensi BKKPII, temu alumni Teknik Kimia, Fun Walk, hingga penanaman pohon.

Ketua Panitia Annual Meeting 2024 BKKPII, Ir. Prayitno, S.T., MBA mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku industri tentang manfaat dalam mewujudkan green industry dan melaksanakan proses safety
management di industrinya, melalui sharing knowledge dari para narasumber.”

“Pada Annual Meeting 2024 BKKPII ini kami akan menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten di bidangnya, baik dari pemerintahan, akademisi, maupun industri di Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Ujian Mandiri UNDIP 2024: Jadwal, Persyaratan, dan Biaya

2. Hadir para narasumber kompeten di bidangnya

Pelaku Industri Diajak Wujudkan Green Industry di Annual Meeting BKKPIGedung Serba Guna Universitas Diponegoro (undip.ac.id)

Sesuai agenda, juga akan hadir sebagai keynote speaker, yakni Ketua BKKPII Periode 2001-2004, Ir. Rauf Purnama, dan Ketua Umum PII, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga M. Eng. Sc., IPU., APEC., ACPE Eng.

Hadir pula Komisaris Utama Pupuk Kujang Dr. Ir. Sripeni Inten Cahyani, M.M, dan Staf Ahli Bidang Penguatan Kemampuan Industri Dalam Negeri Kementerian Perindustrian Ir. Ignatius Warsito, MBA.

Sementara, narasumber lain yang akan hadir di antaranya Akademisi Undip, Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA.; Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo; Direktur Operasional PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Wulandari; Direktur Marketing SEA PT Ecolab International Indonesia, Ir. Tomy Suraytama, IPM.

Kemudian pada hari kedua, keynote speech oleh Ketua IKA Undip dan Anggota Komisi VII DPR RI 2019-2024, H. Abdul Kadir Karding, S.Pi., M.Si, dengan narasumber Direktur Utama PT Kilang Pertamina International, Taufik Aditiyawarman; Direktur Produksi PT Pupuk Indonesia (Persero), Bob Indiarto; GM K3 PT Indonesia Weda Industrial Park, Iwan Kurniawan; dan Direktur PT Risk Matrix Consulting Indonesia, Ir. Slamet Suryanto, M.T., PE.

3. Targetkan dihadiri 600 peserta

Pelaku Industri Diajak Wujudkan Green Industry di Annual Meeting BKKPIIlustrasi orang sedang mengikuti seminar (Pexels.com/ICSA)

“Kami menargetkan 600 orang peserta akan hadir saat acara yang digelar selama tiga hari. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 400 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Annual Meeting 2024 BKKPII,” kata Prayitno.

Peserta ini terdiri dari kalangan industri, akademisi, pemerintahan, anggota BKKPII, dan anggota BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia). Oleh karena itu, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang bagi para peserta untuk menjalin networking dan silaturahmi.

Sementara, panitia masih membuka pendaftaran bagi peserta yang akan mengikuti kegiatan Annual Meeting 2024 BKKPII. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran melalui website ambkkpii.com. Selanjutnya, akan ada petunjuk untuk mengisi data diri. Peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu peserta umum dan anggota BKKPII.

Baca Juga: 7 Tips Hemat dan Survive di Undip yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya