Pemkot Semarang Luncurkan Logo HUT Ke-477, Ini Maknanya

Muhammad Iqbal Febryan menangkan sayembara lomba logo

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang meluncurkan logo HUT Ke-477 Kota Semarang di Balai Kota Semarang, Jumat (2/2/2024). Peluncuran logo itu bersamaan dengan kegiatan pembukaan peringatan Hari Jadi Kota Semarang (HJKS) 2024.

1. Logo melambangkan ketegasan

Pemkot Semarang Luncurkan Logo HUT Ke-477, Ini Maknanya

Plt Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Hernowo Budi Luhur mengatakan, design logo ini adalah hasil lomba yang dimenangkan oleh seorang pelajar bernama Muhammad Iqbal Febryan.

Lambang logo itu berbentuk menyerupai tangan mengepal ke atas, menonjolkan karakteristik dengan bentuk yang tegas mencerminkan kekuatan, kesatuan, dan identitas yang kuat.

Baca Juga: Punya Semarang Religion Center, Semarang Masuk 5 Besar Kota Toleran

2. Mengandung makna semangat dan dedikasi

Pemkot Semarang Luncurkan Logo HUT Ke-477, Ini MaknanyaUskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko saat menyalakan lentara bersama Ketua PGI Jateng dan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dengan menggunakan elemen garis lurus dan sudut tajam, logo ini mengkomunikasikan ketegasan, keberanian serta stabilitas dan kemandirian Kota Semarang. Lalu, warna merah pada logo juga melambangkan semangat, keberanian, energi dan keunggulan dalam mewujudkan kemajuan Kota Semarang di berbagai aspek.

“Mengandung makna semangat dan dedikasi bersama untuk memajukan Kota Semarang ke tingkat kejayaan dan kemakmuran yang lebih tinggi,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Menurut Hernowo, desain ini agak berbeda dari biasanya sebab ini lebih tegas mencerminkan kesatuan persatuan dan berkarakter yang kuat.

“Makanya logo ini sesuai dengan tema yang kita bangun, yakni makin hebat. Sehingga kebersamaan ini, ketegasan menjadi sesuatu kekuatan melanjutkan pembangunan,” imbuhnya.

3. Kegiatan dengan kolaborasi

Pemkot Semarang Luncurkan Logo HUT Ke-477, Ini MaknanyaPara ASN di lingkungan Pemkot Semarang menandatangani deklarasi netralitas Pemilu 2024, Rabu (31/1/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, dengan peluncuran logo ini nantinya akan ada rangkaian-rangkaian kegiatan yang positif dan dilakukan bersama-sama.

“Saat ini juga masih disusun dan saya minta dilakukan mapping karena gak mau 'prentil-prentil' dilakukan kegiatan. Maunya dikolaborasikan, ada kurasi agar maknanya jelas,” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Akan Tindak ASN Tidak Netral di Pemilu 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya