Timnas AMIN Gaungkan Reforma Agraria, Ini Program yang Ditawarkan

Diperlukan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan

Semarang, IDN Times - Tim nasional pemenangan (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) memiliki agenda khusus mewujudkan reforma agraria. Mereka siap menerapkan visi misi dan program reforma agraria apabila pasangan AMIN terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. 

1. Pemerintahan AMIN siap wujudkan reforma agraria

Timnas AMIN Gaungkan Reforma Agraria, Ini Program yang DitawarkanDewan Pertimbangan Timnas AMIN dalam Diskusi Reforma Agraria secara daring, Selasa (23/1/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Prof Awalil Rizky mengatakan, diperlukan political will untuk menerapkan reforma agraria. Terkait itu pemerintahan AMIN siap untuk mewujudkannya.

‘’Gus Imin sudah state untuk reforma agraria. Soal agraria, kami juga sudah punya catatan dari presiden sebelumnya mulai orde baru sampai sekarang. Namun, persoalan lama soal agraria ini makin kompleks pada masa pemerintahan Jokowi,’’ ungkapnya dalam Diskusi Reforma Agraria secara daring, Selasa (23/1/2024).

Menurut ekonom Bright Institute itu, konsep awal Jokowi mengubah 4,5 juta hektar tanah dibawah KLHK menjadi objek agraria ini nyaris gagal. Maka, pemerintahan AMIN ini siaga juga untuk urusan tersebut.

Baca Juga: Para Relawan Yakin AMIN Raup 35% Suara Tanpa Kampanye Akbar di Jateng

2. Pemerintahan AMIN janji lebih terbuka kepada semua aspirasi

Timnas AMIN Gaungkan Reforma Agraria, Ini Program yang DitawarkanCapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di lokasi debat capres ronde keempat di JCC. (www.twitter.com/@firmanyursak)

‘’Penekanan reforma ini ada ketimpangan antara arus keuangan dan lahan. Dari sisi keuangan, para pemilik modal memiliki return atau imbal hasil yang lebih tinggi daripada pekerja. Kemudian, ini berdampak pada tingkat kerawanan pangan keluarga petani menjadi lebih tinggi daripada rumah tangga non petani,’’ jelasnya.

Maka itu, pemerintahan AMIN akan berjanji untuk lebih terbuka kepada semua aspirasi. Mulai masyarakat adat, mahasiswa, dan tokoh masyarakat untuk didengar.

Setali tiga uang, Dewan Pakar Timnas Amin, Dr Syafik mengatakan, bicara soal reforma agraria tidak bisa dilakukan hanya oleh satu lembaga. Perlu kolaborasi dan integrasi.

3. Harus kolaborasi dan integrasi

Timnas AMIN Gaungkan Reforma Agraria, Ini Program yang DitawarkanDewan Pakar Timnas AMIN dalam diskusi Reforma Agraria secara daring, Selasa (23/1/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

‘’Saat ini masih banyak kementerian melakukan kegiatan yang sama di bidang yang sama tapi alokasi dananya masing-masing. Ini artinya belum ada integrasi. Maka, untuk mewujudkan harus dengan kolaborasi dan integrasi,’’ ungkapnya.

Syafik menuturkan, terkait reforma agraria, jika pemerintah sekarang menggerakkan melalui PTSL atau hanya tanah yang disertifikasikan, tetapi AMIN akan menggerakkan melalui IP4T. Tidak memproduksi yang mengikat secara hukum, tetapi dengan data itu kalau mau disertifikatkan tinggal satu langkah saja.

‘’Kami akan gencarkan IP4T di seluruh Indonesia yang melibatkan seluruh stakeholder. Sehingga, pemerintah punya data base yang lengkap termasuk melibatkan temen-temen CSO, lokasi-lokasi yang betul prioritas untuk mendapat tanah. Ini baru policy yang powerful, kolaboratif dan integratif,’’ tandasnya.

Baca Juga: Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Dukung AMIN, Singgung Ideologi Islam

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya