TPS Unik di Semarang, Nyoblos Sambil Rayakan Valentine

Suasana serba pink

Semarang, IDN Times - Tanggal 14 Februari 2024 ini menjadi momen yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya menggelar pesta demokrasi Pemilu 2024, hari ini juga bertepatan dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine Days.

Hal itu tampak di tempat pemungutan suara (TPS) 05 Kelurahan Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan. Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di sana membuat TPS serba warna merah jambu atau pink.

Ketua KPPS TPS 05, Muhammad Kurniawan mengatakan, upaya ini untuk memanfaatkan momentum Hari Kasih Sayang pada 14 Februari.

‘’Jadi, semuanya serba pink,” ungkapnya, Rabu (14/2/2024).

Sejak kemarin sore, sesama anggota KPPS lain dibantu warga dan tim kreatif menyulap lapangan badminton menjadi TPS unik.

“Pada Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih di TPS ini sekitar 80 persen. Tentu kami ingin mempertahankan syukur-syukur naik menjadi 100 persen karena sudah menjadi TPS unik,” ujarnya.

Muhammad menjelaskan, saat pihaknya menyulap lapangan badminton menjadi TPS pink bukanlah persoalan mudah. Banyak hal yang menjadi kendala terutama kesulitan mendapatkan tenda berwarna pink, dan jikapun ada, dananya tidak terjangkau anggaran TPS.

“Kami tidak terlalu muluk, setidaknya TPS unik bisa menjadikan kebanggaan bagi warga dan pemilih karena di Pemilu 2024 ini TPS sudah tidak biasa-biasa lagi.

Warga Wonodri, Wahid menuturkan, berharap ide ini bisa membawa kebanggaan tersendiri bagi rekan-rekan KPPS. Terlebih KPPS ini sudah bekerja cukup keras mensukseskan jalannya Pemilu 2024.

“Agar tidak sekedar capek namun ada kenangannya, maka hadirlah ide membuat TPS unik dengan TPS pink memanfaatkan momentum Valentine,” ujarnya.

Dirinya berharap, kehadiran TPS pink dapat meningkatkan partisipasi pemilih di TPS ini sekaligus membawa kenangan dan kebanggaan bagi warga.

Sementara, selain menggunakan kostum serba pink bagi seluruh anggota KPPS, juga disediakan puluhan doorprize menarik bagi pemilih yang sesuai tema.

Baca Juga: Sempat Selisih Perhitungan, Prabowo-Gibran Menang di TPS 034 Manahan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya