TPS Unik Tema Asri dan Sejuk di Semarang Bawa Pesan Pemilu 2024 Damai

Tempat Wali Kota Semarang nyoblos

Semarang, IDN Times - Warga Kota Semarang mulai menggunakan hak suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024, Rabu (14/2/2024). Aktivitas itu tampak di tempat pemungutan suara (TPS) 23 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Warga semangat mendatangi TPS sejak pukul 08.00 WIB. Suasana TPS pun juga tampak meriah menyambut calon pemilih yang telah mendapat undangan untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Seperti di TPS 23 yang berada Balai RW IV di Jalan Bukit Merak No 26 Semarang. Tempat warga menggunakan hak suara itu berhias.

Nuansa merah putih dikombinasikan dengan dekorasi tirai bambu warna hijau sebagai background bilik suara dan kotak suara. Bunga-bunga berwarna-warni juga menghiasi TPS 23 yang merupakan tempat Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Ita menyoblos.

Menurut Ketua KPPS, Hariyanto, TPS 23 ini mengusung tema berbeda yakni Asri dan Sejuk. Pihaknya telah menyiapkan TPS ini sejak kemarin sore, Selasa (13/2/2024).

“Kami memilih tema Asri dan Sejuk ini untuk membawa pesan agar Pemilu 2024 berjalan damai,” ungkapnya saat ditemui Rabu (14/2/2024).

Pada TPS 23 tercatat 275 daftar pemilih tetap (DPT) dan 15 DPT tambahan. Mereka merupakan warga dari empat RT, yakni RT 04, 06, 07, dan 08.

Salah satu warga yang merupakan pemilih pemula, Ryoko Abigail mengatakan, sangat antusias mengikuti Pemilu 2024.

“Ini baru kali pertama saya ikut pemilu. Jadi tahu ternyata seperti ini pemilu di Indonesia. Beda dengan pemilihan OSIS yang biasa saya ikuti,” tuturnya.

Ryoko sebagai anak muda dari kalangan generasi Z sangat terkesan dan beruntung bisa berpartisipasi pada Pemilu 2024. Sebab, tiap capres dan cawapres serta caleg punya program yang menarik dan sesuai dengan usianya.

Sementara, warga Jalan Bukit Soka, Taufan mengaku, tidak ada kendala saat mencoblos. Ia pun juga terkesan dengan TPS tempatnya menggunakan hak suara.

“Bagus, suasananya berbeda dan menarik, buat nyaman bagi calon pemilih yang datang. Saya berharap pemilu ini berjalan lancar dan damai. Kemudian, siapapun yang terpilih layak menjadi wakil kita,” tandasnya.

Baca Juga: Nyoblos di TPS 02, Nana Sudjana Ngaku Jadi Pemilih Pemula

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya