Comscore Tracker

Geger Mayat Wanita Dalam Sumur di Kebumen, Wayem Diduga Terpeleset 

Bibir sumur rendah, warga rawan celaka

Kebumen, IDN Times - Desa Selokerto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen yang biasa senyap mendadak berubah riuh. Warga desa geger setelah penemuan mayat perempuan di dalam sumur, Kamis (28/11). Sumur ini merupakan andalan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau.

Baca Juga: Ribuan Pil PCC Disita Dari Gudang di Cilacap dan Kebumen 

1. Diduga terpeleset

Geger Mayat Wanita Dalam Sumur di Kebumen, Wayem Diduga Terpeleset Proses evakuasi jenazah Wayem (55), warga Desa Selokerto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen ditemukan meninggal di dalam sumur, Kamis (28/11). (Istimewa)

Wayem (55), warga Desa Selokerto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen ditemukan meninggal di dalam sumur itu. Wayem diduga terpeleset dan jatuh ke dalam sumur saat mengambil air.

"Korban diperkirakan terpeleset saat akan mencuci di sumur yang letaknya di pekarangan milik Atmo," kata Kapolsek Sempor, Iptu Sugito.

2. Meninggal 12 jam sebelum ditemukan

Geger Mayat Wanita Dalam Sumur di Kebumen, Wayem Diduga Terpeleset Ilustrasi jenazah. (eastidahonews.com)

Korban diperkirakan telah meninggal 12 jam sebelum ditemukan. Sumur yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari rumah korban banyak digunakan warga untuk keperluan air bersih.

"Di Sempor sedang sulit air. Warga sekitar desa Selokerto mencari air hingga ke sumur itu. Termasuk korban, kemungkinan terpeleset saat akan mencuci di sumur itu," kata Sugito menjelaskan.

3. Kondisi sumur bahayakan keselamatan warga

Geger Mayat Wanita Dalam Sumur di Kebumen, Wayem Diduga Terpeleset ANTARA FOTO/Jojon

Setelah melihat lokasi kejadian Sugito mengatakan bibir sumur hanya setinggi kurang lebih 30 Cm. Ia menilai kondisi ini sangat berbahaya bagi warga yang hendak mengambil air di sumur ini."Jika tidak hati-hati bisa saja terpeleset masuk ke dalam sumur yang lebarnya kurang lebih 1 meter," kata dia.

Wayem pertama kali ditemukan warga sekitar saat akan mencuci pukul 13.00 WIB. Warga yang kala itu akan mengambil air bersih, melihat sosok perempuan di dasar sumur yang kurang lebih memiliki kedalaman 5 meter dengan posisi kepala di bawah.

Temuan ini selanjutnya dilaporkan ke warga lain dan diteruskan ke Polsek Sempor. "Dari hasil olah tempat kejadian perkara, kuat dugaan tidak ada unsur pidana. Hasil keterangan dari Puskesmas 1 Sempor, tidak ditemukan tanda penganiayaan," ujar dia.

4. Dievakuasi dengan mengisi sumur dengan air

Geger Mayat Wanita Dalam Sumur di Kebumen, Wayem Diduga Terpeleset IDN Times/Debbie Sutrisno

Jenazah Wayem dievakuasi dengan cara yang tidak biasa. Karena diameter sumur yang sempit, evakuasi tidak dilakukan dengan mengangkat korban menggunakan tali seperti biasanya.

Wayem dievakuasi dengan bantuan kendaraan tanki BPBD. Mula-mula sumur diisi air, sehingga tubuh korban yang mengapung terangkat. Setelah muncul ke permukaan, jenazah Wayem baru diangkat.

Sugito mengatakan, keluarga menerima kematian Wayem sebagai musibah. Jenazah kemudian dimakamkan malam harinya. "Kami turut berduka. Semoga keluarga ikhlas dan tabah," kata dia.

Baca Juga: Dilarang Pamer Kemewahan, Medsos Polisi di Kebumen Diawasi Propam 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya