Petani Sulit Pupuk dan Terjerat Utang, Ganjar Janji Pemutihan Pinjaman

Minta KUD kembali dihidupkan untuk distribusi pupuk

Demak, IDN Times - Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo janjikan program pemutihan utang petani.

Hal tersebut disampaikan Ganjar kepada para petani di Desa Wilalung, Kabupaten Demak yang mengaku terlilit utang gegara kesulitan mendapatkan pupuk.

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Pendukungnya Harus Tertib Biar Tidak Picu Kemarahan

1. Kemarau panjang hingga kesulitan dapat pupuk bikin petani kesusahan

Petani Sulit Pupuk dan Terjerat Utang, Ganjar Janji Pemutihan PinjamanPupuk subsidi yang siap didistribusikan ke kios resmi (dok. Pupuk Indonesia)

Para petani mengatakan sejumlah penghambat usaha mereka seperti musim kemarau panjang, harga gabah melambung, sulit mendapat pupuk hingga adanya mafia, sehingga mereka harus berutang demi bisa bercocok tanam kembali.

Utang tersebut terbentuk selain karena pembayaran KUR (kredit usaha rakyat) yang macet, para petani mengaku Kartu Tani mereka diblokir sehingga harus mencari jasa penutup utang.

“Petani banyak diblokir kartu taninya dari tahun 2019 pak. Utang Rp50 juta, pas enggak lancar (angsuran), minta tolong jasa penutup per Rp10 juta, bayar Rp250 ribu,” kata salah seorang petani dilansir dari Antara.

2. Minta KUD kembali dihidupkan untuk distribusi pupuk

Petani Sulit Pupuk dan Terjerat Utang, Ganjar Janji Pemutihan PinjamanIlustrasi pupuk bersubsidi. IDN Times/ istimewa

Ganjar pada kesempatan tersebut menawarkan dengan program pemutihan hutang petani. Program tersebut terintegrasi dengan program KTP Sakti yang tujuannya agar pendataan bantuan para petani menjadi lebih jelas dan terarah.

Ganjar juga memahami bahwa subsidi pupuk makin lama makin berkurang. Ia meminta agar para petani tidak secara berlebihan menggunakan pupuk

"Nah kalau perlu, kalau perlu nggeh hidupkan kembali KUD (Koperasi Unit Desa). Distribusi pupuk subsidi lewat KUD. Ini mesti mlaku mele, luwe penak, (Ini pasti jalan, lebih enak) oke bro?" ujar Ganjar.

3. Agenda kampanye di Jawa Tengah

Petani Sulit Pupuk dan Terjerat Utang, Ganjar Janji Pemutihan PinjamanGanjar Pranowo meluncurkan program internet gratis di Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (1/1/2024) (IDN Times/Istimewa)


Ganjar Pranowo Selasa (2/1/2024) berkunjung ke sejumlah daerah di Jateng mengawali kunjungan pada pukul 10.00 WIB di Demak dengan meluncurkan program Pemutihan Utang Petani di Selepan Wilalung, Desa Wilalung, Kabupaten Demak.

Pada pukul 11.20 WIB Ganjar akan mengunjungi Pabrik Mainan JSP di Area Sawah, Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Selanjutnya pada pukul 12.45 WIB, Ganjar akan bertemu dengan Tim Pemenangan Cabang (TPC), caleg, partai koalisi, serta sukarelawan Demak dan Jepara di Demak Green Garden, Kebun, Gempolsongo, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak.

Pada pukul 14.15 WIB Ganjar mengunjungi desa pengrajin ukir di Kecamatan Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ganjar pada pukul 15.20 WIB diagendakan akan hadir dalam Ngobrol Santai dengan Gen Z dan milenial di Taman Kopi Mayong, Jalan Raya Jepara-Kudus KM 22, Bugel, Sawah, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Kunjungan Ganjar ke Demak akan diakhiri dengan ziarah ke makam Raden Sultan Fatah di Masjid Agung Demak pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Ganjar Bertemu Petani di Sukoharjo, Bahas soal Pupuk hingga KTP Sakti

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya