Stop Cyberbullying! Kominfo Edukasi Siswa Cerdas dan Bijak di Medsos

20.710 siswa di Jateng ikuti nobar literasi digital Kominfo

Cilacap, IDN Times - Sebanyak 20.710 siswa-siswi SD dari 17 kecamatan di Jawa Tengah, mengikuti kegiatan literasi digital nonton bareng, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (25/4/2024).

Kegiatan yang dilangsungkan secara daring lewat zoom dari kantor Korwil Cilacap, mengusung tema " Stop Cyberbullying ", dengan sasaran murid kelas V dan VI.

Baca Juga: Gerakan Literasi Digital Sasar Pelajar SD di Cilacap

1. Agar siswa mendapat edukasi tentang literasi digital

Stop Cyberbullying! Kominfo Edukasi Siswa Cerdas dan Bijak di MedsosKegiatan literasi digital nonton bareng, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (25/4/2024). (Dok Kominfo)

Salah satu tujuan nobar literasi digital tersebut yakni mengedukasi para siswa mengerti akan perkembangan teknologi daring yang bisa membawa beberapa risiko salah satunya yakni kekerasan di dunia daring seperti cyberbullying, online sexual harassment serta kemungkinan pelanggaran keamanan data yang berpengaruh pada privasi anak dan berdampak pada tumbuh-kembang anak.

Ketua Paguyuban Korwil Kabupaten Cilacap, Dr. Supriyatno, MPd. Mengatakan, karena saat ini totalitas interaksi manusia, tidak pernah lepas dari namanya digital, terutama android. Peluang digital dapat memudahkan kita dalam berinteraksi dalam berbagai hal, termasuk dalam berbagai perkembangan pendidikan mutakhir itu juga tidak bisa lepas dari perkembangan digital.

"Kegiatan nobar "Stop Cyberbullying", yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, merupakan yang luar biasa agar anak-anak kita mendapatkan wawasan/edukasi tentang literasi digital. Sehingga mereka bisa menggunakan digital dengan sopan santun dan cerdas, sekaligus saya sampaikan perkembangan teknologi tidak akan pernah bisa dihambat oleh siapapun, tugas kita sebagai anak bangsa adalah piawai menggunakan teknologi secara baik dan positif dimasa depan". Ungkap Supriyatno.

2. Berharap anak-anak dapat lebih bermoral dan sopan santun di dunia maya

Stop Cyberbullying! Kominfo Edukasi Siswa Cerdas dan Bijak di MedsosKegiatan literasi digital nonton bareng, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (25/4/2024). (Dok Kominfo)

Berdasarkan laporan Survei Internet Indonesia yang disusun oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) per 2021-2022, tingkat penetrasi internet pada anak usia 5-12 tahun mencapai 62,43 persen, sedangkan pada anak usia 13-18 penetrasi internetnya sebesar 99,16 persen. Sebanyak 90,61 persen anak usia 13-18 tahun tersebut mengakses internet melalui gawai.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Dr. Adriana Grahani Firdausy, mengatakan untuk memecahkan masalah ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Kepolisian Republik Indonesia perlu membuat kebijakan yang komprehensif dan mudah dimengerti serta murah dalam mencegah dan melindungi anak-anak dari bahaya cyberbullying dan eksploitasi seksual online di era digitalisasi ini.

"Kita sebagai siswa atau pelajar jarang sekali menyadari bahwa kita mungkin pernah menjadi pelajar perundungan di dunia maya di era digitalisasi, sebagai contoh kita mungkin pernah bercanda secara tidak langsung mengejek teman kita, atau memfoto teman kita yang sedang tidur di kelas, lalu di share di medsos, itu secara tidak langsung melalukan perundungan di dunia maya atau medsos, oleh sebab itu Literasi Digital ini penting untuk siswa atau pelajar, supaya kedepannya lebih berhati-hati dalam menggunakan sosmed dan lebih bijak dalam berinteraksi di dunia maya". Kata Adriana.

Astin Meiningsih Korwil Mafindo Wonosobo, mengatakan "Literasi Digital yang bertemakan " Stop Cyberbullying ", sebagai landasan Moral Pelajar dalam Era Digitalisasi. Harus ada etika dan aturannya sebagai pelajar dalam era digitalisasi seperti sekarang ini, dengan edukasi seperti literasi digital ini, harapannya anak-anak lebih sopan santun atau bermoral dalam dunia digital". Ungkapnya.

3. Cyberbullying masih menjadi masalah kejahatan sosial media terbanyak

Stop Cyberbullying! Kominfo Edukasi Siswa Cerdas dan Bijak di MedsosKegiatan literasi digital nonton bareng, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (25/4/2024). (Dok Kominfo)

Persentase perundungan siber atau cyberbullying menjadi masalah kejahatan sosial media terbanyak di dunia online saat ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan bagian negara yang wajib ikut serta menurunkan angka kejahatan dunia maya saat ini. Dosen Etika Komunikasi dan Etika Bisnis di LSPR, Dr. Don Bosco Doho, S.Phil, MM, SET., C.Ht.,C.STMI, meminta segera stop atau berhenti melakukan cyberbullying di media sosial, karena jejak digital tidak bisa dihapus.

"Saya mengajak kepada para peserta khususnya para pelajar generasi penerus bangsa untuk stop atau berhenti melakukan cyberbullying di media sosial, karena jejak digital tidak bisa dihapus, dan akan terus ada bahkan bisa dilacak serta siapapun bisa melihat, jadi jejak digital dengan sejarah hidup itu sama, dan harus sama sama beretika dan bermoral, harapan saya kepada para generasi penerus bangsa adalah bijaklah bermedsos, hati hati saat berinteraksi, dan pahami akan resiko dalam bersosial media di dunia maya". Pungkas Don.

Melalui kegiatan nonton bareng literasi digital " Stop Cyberbullying ", yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta dan tenaga pendidik setempat untuk lebih bijak dalam penggunaan digital dalam kehiduan sehari-hari. Dalam kegiatan ini para pakar pun dapat mengarahkan sikap dan perilaku yang etis demi meningkatkan kualitas kemanusiaan serta dapat memberikan informasi secara jelas juga singkat terkait Cakap Digital bagi segmen Pendidikan, sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bijak di era digitalisasi ini.

Baca Juga: Cegah Cyberbullying, Kominfo Ajak Siswa Cilacap Nobar Literasi Digital

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya