9 Mahasiswa UIN Saizu Jalani KKN di Malaysia dan Filipina 

Mahasiswa terbaik dan berprestasi

Banyumas, IDN Times - Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto awal tahun 2024 ini mengirimkan 9 mahasiswa terbaiknya, menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi Internasional Mandiri.

Mereka merupakan mahasiswa terbaik yang bakal menjalani KKN selama sebulan di Malaysia sebanyak empat mahasiswa dan Filipina lima mahasiswa. Hal itu disampaikan Wakil Rektor 1 UIN Saizu Purwokerto, Profesor Suwito, Selasa (23/1/2024).

"Mereka merupakan mahasiswa berprestasi yang nantinya akan menjalani pengabdian kepada masyarakat di dua negara tersebut, terutama saling bertukar informasi dan berinteraksi langsung dengan warga disana,"katanya.

Baca Juga: Dapat Rekom Kemendikbud, UIN Saizu Purwokerto Miliki Prodi Umum

1. Pertama bagi UIN Saizu

9 Mahasiswa UIN Saizu Jalani KKN di Malaysia dan Filipina Pertama bagi UIN Saizu kirimkan mahasiswa KKN di luar negeri.(IDN Times/Cokie Sutrisno).

Dijelaskan, untuk KKN Integrasi Internasional Mandiri merupakan kegiatan pertama kali bagi UIN Saizu Purwokerto. Untuk pelaksanaan KKN tersebut dilaksanakan dalam waktu yang tidak bersamaan, sesuai ketentuan dari negara masing-masing.

Dari sembilan mahasiswa yang bakal berangkat untuk Program KKN Internasional, ada empat mahasiswa ke Malaysia, tepatnya di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM). Mereka berjumlah empat mahasiswa yang terdiri dari tiga fakultas di UIN Saizu Purwokerto.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Saizu Purwokerto, Mawi Khusni Albar menjelaskan untuk mahasiswa yang KKN Internasional di Malaysia telah diberangkatkan pada hari Senin (22/1/2024) yang terdiri dari tiga fakultas di UIN Saizu Purwokerto.

2. Tiba di Malaysia disambut Prof. Khoiri

9 Mahasiswa UIN Saizu Jalani KKN di Malaysia dan Filipina Saat sampai Kuala Lumpur Malaysia, para mahasiswa KKN Internasional disambut Prof Khoiri.(IDN Times/Dok. UIN Saizu).

Mawi Khusni Albar menjelaskan para mahasiswa yang berangkat, mereka terdiri dari Fakultas Syariah yakni Trias Adi Prayoga dari Prodi Hukum Tata Negara, dari Fakultas Dakwah mahasiswa bernama Muhammad Ihzam Djazuli dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Anggelita Irsan dari Prodi Manajemen Dakwah.

Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mahasiswa bernama Insi Rifka Navita dari Prodi Ekonomi Syariah. Sedangkan untuk 5 mahasiswa melakukan KKN di Filipina, tepatnya di University of Mindanao di Davao Filipina.

Saat sampai di Bandara Kuala Lumpur Malaysia, para mahasiswa KKN Internasional disambut Prof Khoiri. Dia merupakan salah satu dosen Universitas Sains Islam Malaysia. Selepas itu rombongan peserta KKN Internasional akan melanjutkan ke Sabah sebagai tempat kegiatan KKN mereka.

3. Pengalaman internasional mahasiswa

9 Mahasiswa UIN Saizu Jalani KKN di Malaysia dan Filipina Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Saizu Purwokerto, Mawi Khusni Albar (IDN Times/Tangkapan layar).

Mawi juga mengatakan dalam era globalisasi ini, penting bagi mahasiswa UIN Saizu Purwokerto untuk mendapatkan pengalaman internasional yang dapat melengkapi pengetahuan dan keterampilan mereka.

Untuk mahasiswa KKN di Filipina direncanakan akan diberangkatkan tanggal 15 Februari 2024. Dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) ada Muhammad Kemal Faskha dari Tadris Matematika, Azka Farzanggi dari Tadris Bahasa Inggris, dan Zulfatur Rohmah dari Pendidikan Bahasa Arab.

Kemudian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Meisya Aisya Jasmine dari Prodi Ekonomi Syariah. Dari Fakultas Syariah ada M Yudha Ditta Wiratama dari Prodi Hukum Keluarga Islam.

Baca Juga: Banyumas Targetkan 197 Ribu Lebih Anak Imunisasi Polio

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya