Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas Gabungan

Gelar apel pergerseran pasukan

Banyumas, IDN Times - Apel pergeseran pasukan (serpas) pengamanan TPS digelar di Alun-alun Purwokerto, Selasa (13/2/2024) yang diikuti oleh seluruh elemen terkait pemilu 2024.

Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro yang menjadi inspektur apel, serpras pergeseran pasukan ini menjadi momentum untuk memastikan kesiapan dan sinergitas antara aparat keamanan dan penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugasnya.

“Kami bersama jajaran terkait, Kapolres dan Dandim telah menyelenggarakan apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu, mudah-mudahan apa yang sudah diikhtiarkan selama jni dapat memberi rasa aman dan Nyaman pada saat pelaksanaan," katanya.

Baca Juga: Mitigasi Pemilu 2024, Antisipasi Pemilih Banyumas Terdampak Banjir

1. Perlunya pengecekan

Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas GabunganHanung sebut segala sesuatu yang berkaitan dengan hari pencoblosan hingga tuntas menjadi perhatian penting, Selasa (13/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dikatakan bahwa pihaknya ingin memastikan bahwa penyelenggara pemilu 2024, sarana dan prasarana, logistik siap, dan kondusifitas aman terjaga. Sehingga perlu dilakukan pengecekan satu persatu.

Selain kesiapan PPK, petugas kesehatan, dan skenario ketika ada yang sakit, rawan bencana longsor, banjir hingga kesiapan tempat pemungutan suara pun menjadi perhatian khusus.

"Tujuan kami turun ke lapangan memastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan hari pencoblosan hingga tuntas menjadi perhatian penting, makanya kami langsung cek satu persatu,"kata Hanung.

2. Patroli rutin

Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas GabunganPolresta Banyumas adakan patroli rutin jelang pencoblosan pemilu 2024, Selasa (13/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Eddy Suranta Sitepu mengatakan untuk apel serpras diikuti sebanyak 1.066 personil sedangkan yang akan bertugas mengamankan TPS sebanyak 669 personil dengan tambahan BKO dari TNI 189 personil.

"Kami sudah siap mengawal pesta demokrasi 2024, dan untuk pengamanan menempatkan sejumlah personil dan 7 BKO dari TNI di tiap 27 polsek di Banyumas,"katanya.

Demi terjaminnya rasa aman, pihaknya juga melakukan patroli rutin seperti patroli dialogis dengan masyarakat, tokoh agama, pemuda.

3. Masuk kategori kurang rawan

Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas GabunganTingkat kerawanan keamanan Kapolresta Banyumas juga menyebutkan bahwa secara umum kurang rawan, Selasa (13/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Tingkat kerawanan keamanan Kapolresta Banyumas juga menyebutkan bahwa secara umum kurang rawan, artinya di tiap TPS tidak masuk kategori rawan maupun kerawanan.

"Semuanya masih dalam tahap aman, dan kami selalu mengantisipasi dengan melibatkan polsek, Koramil, kecamatan agar yang dikhawatirkan tidak terjadi,"jelasnya.

Eddy juga berpesan pada anggotanya agar tetap menjaga netralitas dan profesionalitas serta menghindari segala tindakan dan perilaku yang kontra produktif.

4. Perlengkapan logistik personil

Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas GabunganPenyerahan logistik pengamanan pada personil pengaman pemilu 2024, Selasa (13/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sebelumnya secara simbolis, pergeseran pasukan ditandai dengan menyerahkan perlengkapan logistik kepada personel sebagai bentuk dukungan dan persiapan yang matang untuk pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024.

Ditegaskannya personel pengamanan TPS juga wajib melakukan mapping sehingga dapat mengetahui lokasi pengamanan TPS yang akan dilakukan. Untuk menjaga komunikasi dan koordinasi dengan petugas lain dilapangan.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya