Gempa Tektonik Guncang Cilacap, Warga Malah Tidak Tahu

Kedalaman 77 km tenggara cilacap

Cilacap, IDN Times - Gempa dengan kekuatan magnitude (M) 4,9 mengguncang Cilacap, Senin (22/4/2024). Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 77 km tenggara Cilacap.

Gempa terjadi pada pukul 00:48:02. Gempa berada pada kedalaman 39.0 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 8.38 LS (Lintang Selatan) dan 109.24 BT (Bujur Timur).Demikian kata Bagus Pramujo kepala BMKG Tunggul Wulung Cilacap dalam keterangannya kepada IDN Times.

Baca Juga: Cilacap Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo, Getarannya Sampai Ciamis

1. Jenis gempa dangkal

Gempa Tektonik Guncang Cilacap, Warga Malah Tidak TahuGempabumi yang terjadi di Cilacap merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi. (IDN Times/Foto : Ilustrasi/Freepik.com)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 5 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

"Hari Senin, 22 April 2024 pukul 07.48.02 WIB wilayah Cilacap, Jawa Tengah dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik,"kata Petugas BMKG Cilacap Bagus Pramujo

Dalam keterangannya menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

2. Warga tidak rasakan gempa

Gempa Tektonik Guncang Cilacap, Warga Malah Tidak TahuIlustrasi penyelamatan gempa bumi. (IDN Times/Dok. Pemkab Cilacap)

Sedangkan Prina warga Cilacap Selatan mengatakan bahwa dirinya saat terjadi gempa pada pagi tidak merasakan getaran apapun.

"Gak kerasa, mungkin karena saya sedang sibuk dirumah kali ya jadi nggak tau kalau ada gempa," katanya.

Prina menambahkan dirinya pada jam tersebut juga langsung melakukan perjalanan menuju ke tempat kerja.

Sedang warga lain bernama Estanto juga mengatakan dirinya tidak merasakan adanya gempa.

"Apa ada gempa? walah ga kerasa, malah ga ada yang tahu di sini mas,"katanya.

3. Tidak ada aftershock

Gempa Tektonik Guncang Cilacap, Warga Malah Tidak TahuBMKG sebut tidak ada gempa susulan di Cilacap, Senin (22/4/2024).(IDN Times/Foto : ilustrasi/freepik.com)

BMKG menyebutkan, gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Pangandaran, Ciamis, Bantul, Cilacap, Kebumen dan Banjarnegara dengan skala III, III, II, II, II dan II.

Skala MMI yang dirasakan adalah II yang artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

"Hingga saat ini belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock,"katanya.

4. BMKG ingatkan waspada isu

Gempa Tektonik Guncang Cilacap, Warga Malah Tidak TahuKepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie. (IDN Times/Foto : Dok. @SetyoadjieP)

Sementara Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie menambahkan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,"kata Setyoajie Prayoedhie

 

Baca Juga: Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya