HUT Bhayangkara ke 78, Polresta Banyumas Hadirkan Trabaser

Kapolda jateng batal hadir

Banyumas, IDN Times - Polresta Banyumas menggelar kegiatan Trabas Kamtibmas dalam rangka HUT Bhayangkara 2024 bersama masyarakat di terminal wangon, Banyumas Barat, Minggu 23 Juni 2024.

Menurut Kapolresta Banyumas Kombes Pol Eddy Suranta Sitepu seharusnya kapolda Jateng bisa turut hadir, namun karena ada kegiatan lain sehingga tidak bisa menyaksikan trabas di Wangon.

Bersama jajaran forkopimda, Start dan Finish kegiatan tersebut dimulai dari halaman terminal wangon yang disaksikan masyarakat terutama di Banyumas Barat.

Baca Juga: Cacing Hati Ditemukan Dalam Daging Hewan Kurban di RPH Banyumas

1. Mengukur kesiapan kamtibas di Banyumas

HUT Bhayangkara ke 78, Polresta Banyumas Hadirkan TrabaserKapolresta Banyumas Kombes Pol Eddy Suranta Sitepu bersama forkopimda usai lepas tim trabas, Minggu (24/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dari data yang teregistrasi, gelaran trabas diikuti oleh kurang lebih 1000 peserta dari komunitas trabaser baik dalam maupun luar Kabupaten Banyumas, dan menempuh jarak 50 km.

Kombes Eddy juga menerangkan maksud dan tujuan untuk gelaran trabas untuk menjaga Kamtibmas menjelang terutama jelang Pilkada serentak yang akan terlaksana pada 27 November 2024 mendatang.

"Dari data yang masuk diikuti kurang lebih 1000 trabaser dari banyumas dan luar kota dengan menempuh jarak 50km, dan tujuannya adalah mengukur sejauh mana Kamtibmas di Kabupaten Banyumas,"katanya.

2. Wadah penghobi dan pendekatan masyarakat

HUT Bhayangkara ke 78, Polresta Banyumas Hadirkan TrabaserPola pendekatan dengan masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian, Minggu (24/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Trabas selain sebagai olahraga yang penuh tantangan, juga untuk mewadahi dan menyalurkan hobi dan mengajak masyarakat untuk menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban.

Kombes Eddy juga menyampaikan, pihaknya juga menyalurkan paket bantuan sosial kepada warga setempat, Selain itu juga ada bakti kesehatan, pembagian sembako, dan santunan pada kaum dhuafa dan kaum disabilitas.

"Kami gelar ini dengan harapan dapat terjalin sinergitas antara Polri dengan masyarakat, penyelenggaraan umkm bagi para pengusaha lokal,” terangnya.

3. Hari bhayangkara diperingati tiap tanggal 1 Juli

HUT Bhayangkara ke 78, Polresta Banyumas Hadirkan TrabaserSalah satu trabaser sebelum lakukan start dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78 di terminal wangon, Minggu (23/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Hari Bhayangkara atau Hari jadi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) diperingati setiap tanggal 1 Juli yang tahun ini genap berusia 78 tahun.

Berbagai kegiatan telah dan akan dilakukan Polri jelang Hari Bhayangkara. Kegiatan tersebut diantaranya menjadi bagian tradisi dan perlombaan yang dibuka untuk umum.

Hari Bhayangkara tahun ini yakni ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’.

Secara nasional upacara akan digelar pada 1 Juli 2024 mendatang, dan terdapat event nasional seperti kejurnas karate Kapolri Cup pada 26-28 Juli 2024 mendatang.

Sedangkan untuk 8nsan jurnalis dan konten kreataor pada tanggal 30 Juli 2024 digelar Awarding Penyerahan piala lomba kreatif (Tiktok, Film Pendek, Infografis, Cerpen, Artikel Jurnalistik, Video Edukasi, Mendongeng, Karikatur dan Pembuatan lagu).

Baca Juga: Antisipasi Perpindahan Atlet, KONI Banyumas Keluarkan Aturan Mutasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya