KPU Banyumas Simulasi Pemilu 2024, Ajari Nyoblos dan Hitung Suara

Simulasi ril di TPS

Banyumas, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Simulasi dihadiri seluruh Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS yang dipusatkan di halaman Desa Sidabowa, Purwokerto, Minggu (24/12/ 2023).

Pada kegiatan tersebut melaksanakan simulasi rill di Tempat Pemungutan Suara (TPS), baik simulasi tentang PPS, KPPS, pemilih, pembukaan TPS, penutupan proses pendaftaran hingga penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekab) dalam penghitungan suara.

1. Memberi bimbingan petugas dan masyarakat

KPU Banyumas Simulasi Pemilu 2024, Ajari Nyoblos dan Hitung SuaraKetua KPU Kabupaten Banyumas Rofingatun Khasanah saat membuka dimulainya simulasi coblosan pemilu 2024 di desa Sidabowa, Minggu (24/12/2023).(DN Times/Cokie Sutrisno).

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Rofingatun Khasanah mengatakan kegiatan tersebut adalah instruksi KPU RI, dan harapannya simulasi ini berjalan lancar sampai di 14 Februari 2024.

Disebutkan tujuan simulasi agar semua personel KPPS agar bisa memahami regulasi atau aturan mainnya. Begitu juga PPS bisa mendampingi KPPS di desanya masing-masing, dengan tujuan pemilu 2024 berjalan dengan baik dan damai.

"Berharap di TPS nantinya juga aman, lancar hingga terkendali, dan jangan sampai ada selisih selain itu memberikan sosialisasi dan memberikan bimbingan kepada petugas Pemilu juga kepada masyarakat,"katanya.

Baca Juga: Nana Sudjana Terindikasi Sambut Prabowo, Bawaslu: Locusnya di Semarang

2. Ratusan warga antusias

KPU Banyumas Simulasi Pemilu 2024, Ajari Nyoblos dan Hitung SuaraRatusan warga antusias menunggu pencoblosan, bahkan kucing orange pun ikut antri, Minggu (24/12/2023).(IDN Times/Cokie Sutrisno).

Ratusan warga yang mengikuti rangkaian simulasi pencoblosan Pemilu 2024 terlihat antusias, bahkan rela menunggu ditengah cuaca yang cukup terik di kota Purwokerto.

Pencoblosan dimulai pukul 9:00 WIB dan warga yang akan mencoblos antri duduk menunggu petugas KPPS memanggil giliran untuk dipanggil.

Warga yang dipanggil sesuai namanya kemudian mendapatkan 5 surat suara yang masih terlipat, lalu menuju ke bilik tempat suara untuk dicoblos sesuai pilihannya.

Setelah dicoblos dan dilipat kembali, warga menuju ke kotak suara untuk dimasukkan sesuai warnanya yakni abu abu, merah, kuning, biru, dan hijau.

3. Nilai strategis memilih pemimpin bangsa

KPU Banyumas Simulasi Pemilu 2024, Ajari Nyoblos dan Hitung SuaraPj. Sekda Banyumas, Junaidi sebut pemilu punya nilai strategis dalam memilih pemimpin bangsa,Minggu (24/12/2023).(IDN Times/Cokie Sutrisno).

Pemilu adalah punya nilai strategis untuk memilih pemimpin bangsa, mulai dari Presiden dan wakil presiden, DPD, DPR, dan DPRD, setelah itu baru pemilihan kepala daerah Gubernur dan Bupati.

"Pemilu ini punya nilai strategis, setelah presidennya, DPR, DPRD dan DPD terisi baru digelar pemilihan Bupati dan Gubernur,"kata Pj. Sekda Banyumas, Junaidi kepada IDN Times.

Ditambahkan pemilu 2024 didominasi oleh pemilih pemula hampir 52 persen. Namun pemilih yang kawakan diharapkan juga masih mengingat cara coblosan.

"Saat ini semua hampir berbasis teknologi hal itu ditandai dengan pemilih milenial yang melek teknologi, namun jangan lupakan juga pemilih kawakan yang tentunya masih tradisional dalam menentukan pilihannya,"katanya.

4. Warna surat suara yang harus dicoblos

KPU Banyumas Simulasi Pemilu 2024, Ajari Nyoblos dan Hitung SuaraSurat suara yang digunakan dalam simulasi coblosan terdiri dari 5 warna, Minggu 24/12/2023).(IDN Times/Cokie Sutrisno).

Aturan mengenai surat suara pemilu sudah ada sejak sebelumnya. Hal itu tertuang dalam Rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilu.

Dilansir dari laman indonesiabaik.id, surat suara yang akan digunakan sama dengan Pemilu 2019, yakni surat suara Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, surat suara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berwarna merah, dan surat suara anggota DPR berwarna kuning.

Surat suara anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi berwarna biru serta surat suara anggota DPRD kabupaten/kota warna hijau.

Baca Juga: PPGI: 1,2 Miliar Surat Suara Segera Dicetak untuk Kebutuhan Pemilu 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya