Momen Idul Fitri, Pj Bupati Banyumas Ajak Hilangkan Dendam

Selamat datang para pemudik

Banyumas, IDN Times - Masyarakat kota Purwokerto dan sekitarnya melakukan sholat idul Fitri 1445 di alun alun kota bersama para pejabat dan Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Rabu (10/4/2024).

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 H bertepatan dengan sholat Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024.

Dalam awal sambutannya, Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro S.STP, M.Si menyampaikan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan selamat datang para pemudik di wilayah Banyumas.

1. Rasakan sholat ied di Banyumas

Momen Idul Fitri, Pj Bupati Banyumas Ajak Hilangkan DendamMenjadi bagian masyarakat Banyumas, Pj Hanung mengaku bahagia, Rabu (10/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Pemkab Kabupaten Banyumas melalui Pj Bupati Hanung menghimbau untuk menjadikan idul fitri sebagai momen saling bermaafan, menghilangkan rasa dendam.

“Marilah kita jadikan Idul Fitri ini sebagai momen untuk saling memberi maaf. Buang perasaan dendam, sirnakan keangkuhan ganti dengan senyum sapa yang tulus dengan penuh kekeluargaan dan persaudaaran atau kebersamaan”,ucapnya.

Hanung mengaku bahwa suatu kebahagian baginya karena di tahun ini menjadi bagian keluarga masyarakat Banyumas. "Mari bersama senantiasa berdo’a atas rizki karunia dan kemakmuran kabupaten Banyumas”,ungkapnya.

2. Ramadan jadi madrasah strategis

Momen Idul Fitri, Pj Bupati Banyumas Ajak Hilangkan DendamRamadan di Banyumas menjadi madrasah strategis bagi peningkatan iman dan taqwa, Rabu (10/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Menurutnya bagi kaum muslimin yang sama-sama menyakini bahwa bulan ramadhan merupakan madrasah yang sangat strategis untuk melatih orang-orang beriman menjadi pribadi yang taat, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, santun, bertanggung jawab dan memiliki kepedulian sosial kepada fakir miskin.

Pada hari ini saatnya mengangungkan hari raya dengan tahlil, takbir dan tahmid. Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan meraih ketakwaan menjadi pribadi yang sejahtera sehat lahir dan batin.

“Atas nama Pemkab Kabupaten Banyumas, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak kepolisian, alim ulama, tokoh daerah dan masyarakat yang secara bersama-sama berhasil mewujudkan Banyumas aman damai dan kondusif selama bulan ramadhan”,ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Banyumas bersama-sama membangun Banyumas yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

"Mari kita jadikan momentum Idul Fitri ini untuk saling memaafkan dan bersatu padu membangun Banyumas yang lebih baik, Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum,"ucapnya 

3. Raih ketaqwaan

Momen Idul Fitri, Pj Bupati Banyumas Ajak Hilangkan DendamKhotib Idul Fitri, Drs. KH. Mughni Labib M.Si dalam ceramahnya membahas tentang kriteria orang-orang yang meraih ketakwaan, Rabu(10/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara Khotib Idul Fitri, Drs. KH. Mughni Labib M.Si dalam ceramahnya membahas tentang kriteria orang-orang yang meraih ketakwaan menurut qur’an surat  Al Imran Ayat 133-136.

"Dan segeralah kamu kepada (mengerjakan amal-amal yang baik untuk mendapat) keampunan dari Tuhan kamu, dan (mendapat) Syurga yang bidangnya seluas segala langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa,"katanya dalam surat Ali Imran 133.

Sholat yang dipusatkan ditengah kota tersebut selain dihadiri sekitar 3000 jamaah dari berbagai pelosok di Kota Purwokerto, selain itu mendapat pengawalan dari pihak TNI dan Polri.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya