Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton Cilacap

Minta biomassa lokal diutamakan

Cilacap, IDN Times - Massa dari berbagai kelompok melakukan aksi unjuk rasa di depan PLTU Bunton Adipala,Cilacap, Jumat (19/4/2024) sore.

Aksi massa menolak perusahaan pengadaan biomassa dari luar daerah ke PLTU Adipala Cilacap yang dianggap merampas hak usaha lokal.

"Aksi ini kami lakukan karena pihak PLTU Bunton Adipala ini menerima kontraktor dari luar sementara barang dari lokal," kata Wakil Kordinator Aksi, Rikoco kepada IDN Times.

Baca Juga: PLN Indonesia Power Bangun Ekosistem Biomassa di PLTU Cilacap

1. Suplai 8000 ton ke PLTU

Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton CilacapRikoco, wakil koordinator aksi demo di depan PLTU Bunton Adipala, Jumat (19/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Lebih jauh Rikoco menerangkan bahwa perusahaan atau pengrajin di sekitar Adipala juga mengaku mampu melakukan pengadaan, sehingga secara ekonomi diharapkan bisa meningkatkan pendapatan warga.

"Kami menolak perusahaan-perusahaan dari luar dan diharapkan perusahaan di sini bisa diberi peran, intinya kami menolak," tegasnya.

Ditambahkan, tiap bulan warga membantu biomassa kepada perusahaan pengadaan hingga mencapai 8.000 ton sehingga nilainya mencapai miliaran.

"Ini kan lucu, perusahaan dari luar minta ke kami untuk pengadaan, kenapa tidak sekalian saja perusahaan yang ada di sini," katanya.

2. Tiga tahun tidak diberdayakan

Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton CilacapSejumlah warga dan pengusaha biomassa lokal yang turun aksi, Jumat (19/4/1024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Para Pengusaha Biomasa Lokal yang berjumlah sekitar 20 orang itu mengadakan demo karena selama 3 tahun tidak pernah diberdayakan untuk menyuplai biomasa ke PLTU Bunton Adipala.

Rikoco beranggapan bahwa perusahaan lokal banyak membantu 4 perusahaan yang ditunjuk oleh PLN Energy Primer Inventory (EPI). Padahal bahan biomasa yang dipasok ke PLTU Bunton Adipala berasal dari perusahaan lokal.

"Ketika kita membantu perusahaan-perusahaan yang dari luar pengirimnya dari lokal semua, kami menganggap mereka itu merugikan, padahal supplier lokal mampu untuk mengerjakan itu," katanya.

3. PLTU akui hanya penerima

Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton CilacapMakhfud, Asisten Manajemen Inventory Primer Energy PLTU Bunton Adipala, Cilacap, Jumat (19/4/2024).(IDN Times/Foto : Rama/

Menanggapi aksi pengusaha lokal Adipala, Asisten Manajemen Inventory Primer Energy PLTU Bunton Adipala Makhfud menjelaskan PLN Indonesia Power, UBP PLTU Jateng 2 Adipala sebagai objek vital nasional mendukung siapapun yang bekerjasama dalam memasok biomasa sebagai bahan bakar alternatif selain Batubara, termasuk pemasok lokal asalkan kualitasnya sesuai nilai kalori dan moisturenya.

"Wewenang dari PLTU hanyalah sebagai penerima, pengecek kualitas dan pemanfaat Biomassa, sedangkan untuk proses pengadaan dan proses kontrak, wewenangnya ada di PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) yang berpusat di Jakarta," jelasnya.

Berdasarkan peraturan pemerintah melalui kementrian BUMN yang membentuk holding subholding PLN, semua pengadaan bahan bakar termasuk biomassa dilakukan oleh PLN EPI dan proses pengadaan dilakukan melalui lelang terbuka yang dipampang melalui web PLN EPI.

"Mengenai demo hari ini, kami sudah berkoordinasi dengan PLN EPI agar setidaknya dalam waktu dekat berdiskusi mengenai penyerapan aspirasi warga lokal seperti apa. Setahu kami sih dalam proses lelang kemarin, ada perusahaan warga lokal yang juga jadi pemenang tender (dalam multi winner)," pungkasnya.

4. Tentang biomassa sebagai sumber energi

Pengusaha Lokal Adipala Geruduk PLTU Bunton CilacapPLN yang berhasil mengganti bahan bakar batu bara dengan biomassa di PLTU.(IDN Times/Foto : Dok. PLN)

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan dari tumbuhan atau limbah organik yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan dimanfaatkan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk menghasilkan energi listrik. 

Penggunaan biomassa membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui. Biomassa merupakan sumber energi terbarukan karena dapat diperbaharui melalui pertumbuhan tumbuhan baru atau pengolahan limbah organik.

PLTU yang menggunakan biomassa sebagai bahan bakar memiliki fleksibilitas untuk menggunakan berbagai jenis biomassa, tergantung pada ketersediaan dan kondisi lokal. Ini memungkinkan adaptasi terhadap perubahan dalam pasokan bahan bakar dan kebutuhan energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik, serta membantu dalam upaya mengurangi dampak negatif perubahan iklim.

Baca Juga: Gerakan Literasi Digital Sasar Pelajar SD di Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya