Viral Domba Batur Banjarnegara Kandang di Rumah Mewah, Ini Faktanya

Dibutuhkan kandang eksklusif

Banjarnegara, IDN Times - Lagi heboh di dunia maya, Domba Batur Banjarnegara ditempatkan di sebuah gedung mewah. Kandangnya bersih dan lantainya mengkilat bak di hotel berbintang.

Faktanya Domba Batur memang bukan jenis domba biasa, domba ini dibilang masih langka karena populasinya sangat terbatas dan harganya cukup mahal.

Oleh karenanya domba - domba tersebut ditempatkan di kandang yang ekslusif agar terjaga kesehatannya. Seperti yang lagi viral di media sosial.

Baca Juga: Tanah Bergerak di Banjarnegara, Jalan Majatengah ke Pagerpelah Longsor

1. Harga bisa mencapai Rp50 juta

Viral Domba Batur Banjarnegara Kandang di Rumah Mewah, Ini FaktanyaHarga domba batur Banjarnegara yang bisa mencapai harga 50 jutaan, Kamis (1/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Disamping untuk menjaga kesehatan domba dari dinginnya udara Dieng yang ekstrim juga karena harganya mahal.

Untuk harga Domba Batur dipatok jutaan hingga puluhan juta rupiah. Apalagi bagi domba yang pernah mengikuti apalagi yang menang kontes, tentu harganya selangit.

Misalkan, Domba Batur yang berhasil keluar sebagai juara 1 kontes di Serang, Banten belum lama ini ditawar Rp 50 juta/ekor. Sementara domba pernah kontes tapi belum juara harganya kisaran Rp 8 - 12 juta/ekor.

2. Kandang domba harus bersih

Viral Domba Batur Banjarnegara Kandang di Rumah Mewah, Ini FaktanyaSalah satu kandang domba batur Banjarnegara negara layaknya sebuah rumah berkeramik, Kamis(1/2/2024).(IDN Times/Foto : Muhammad Solahuddin).

Di Batur Banjarnegara saat ini ada tiga jenis domba yakni merino, texel dan suffolk. Sedang untuk jenis termahal adalah jenis merino.

Salah seorang peternak kambing domba batur Banjarnegara bernama Lukman saat dihubungi  menyampaikan, mahalnya harga Domba Batur karena unik dan langka.

Domba Batur beratnya bisa mencapai 170 kg. Untuk merawat domba ini juga tidak sembarangan, disamping tempat harus bersih dan steril, pakannya juga sangat diperhatikan.

Sebaiknya Domba Batur diberi rumput segar, bukan fermentasi. "Ada jenis rumput yang bagus untuk jenis Domba Batur, seperti rumput gajah tapi lebih lemas dan tidak berbulu," ungkapnya.

3. Semakin tua makin berat

Viral Domba Batur Banjarnegara Kandang di Rumah Mewah, Ini FaktanyaSemakin bertambah usia, berat domba batur akan semakin bertambah dan menggemaskan, Kamis (1/2/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno).

Senada juga disampaikan oleh Babeh, panggilan akrab Muhammad Solahuddin, peternak Domba Batur yang juga sebagai wakil rakyat di DPRD Banjarnegara.

Domba Batur memiliki bulu yang tebal dan indah dan hanya dapat berkembang biak di daerah dingin.

"Saya memelihara Domba Batur itu karena senang melihat bentuk domba ini lucu dan menggemaskan. Domba semakin bertambah usia berat akan bertambah, harganya semakin tinggi," ujar.

Baca Juga: Tanah Bergerak di Banjarnegara, 8 Rumah Warga Rusak

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya