Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air: Alhamdulillah!

Pemulangan hingga 22 Juli 2024

Intinya Sih...

  • Pj Gubernur Jawa Tengah menyambut kedatangan jemaah haji kloter I Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan.
  • Sebanyak 359 jemaah haji mendarat di Bandara Adi Soemarmo setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.
  • Embarkasi Solo memberangkatkan 100 kloter jemaah haji dengan total 35.982 orang, 32.580 berasal dari Jawa Tengah dan 3.402 dari DIY.

Boyolali, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyambut kedatangan jemaah haji kloter I Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan, Minggu (23/6) dini hari. Sebanyak 359 jemaah haji mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 02.00 WIB setelah 41 hari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Kloter pertama ini dari Temanggung. Mereka akan langsung dikembalikan ke daerah asalnya. Semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur," kata Nana.

1. Satu jemaah masih ada di Makkah

Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air: Alhamdulillah!Pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari penginapan menuju ke Arafah, Jumat (14/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Secara keseluruhan, embarkasi Solo memberangkatkan 100 kloter jemaah haji dengan total 35.982 orang. Dari jumlah tersebut, 32.580 jemaah berasal dari Jawa Tengah dan 3.402 jemaah dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Alhamdulillah, jemaah haji kloter I Embarkasi Solo telah kembali ke tanah air dengan selamat. Dari 360 jemaah yang berangkat, 359 jemaah kembali dengan selamat. Satu jemaah atas nama Mudjiyati Madiyo Utomo (67) masih dirawat di Makkah karena sakit," ujar Nana.

Baca Juga: Apa Itu Badal Haji? Berikut Pengertian, Hukum, dan Syaratnya

2. Kepulangan sampai 22 Juli 2024

Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air: Alhamdulillah!Suasana menjelang wukuf di Padang Arafah, Saudi Arabia, Sabtu (15/6/2024) (Dok. MCH 2024).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jateng, Musta'in mengatakan, proses kepulangan jemaah haji Embarkasi Solo akan berlangsung hingga 22 Juli 2024 pukul 02.00 WIB.

"Hingga saat ini, masih ada 16 jemaah asal Embarkasi Solo yang dirawat di Makkah. Sedangkan 37 jemaah lainnya meninggal dunia di tanah suci," kata Musta'in.

3. Jemaah haji mengucap syukur

Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air: Alhamdulillah!Proses kepulangan jemaah haji Kloter SOC 01 dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menuju ke Tanah Air, Sabtu (22/6/2024) pagi. Dokumentasi Media Center Haji

Salah satu jemaah haji, Sugeng Philip (66) asal Butuh, Kabupaten Temanggung, mengaku bersyukur dan bahagia bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat. Ia dan istrinya, Nur Chayati (56), telah menanti selama 12 tahun untuk beribadah haji ke tanah suci.

"Alhamdulillah, kami bersyukur bisa beribadah haji dengan lancar. Ibadah di sana juga terbantu dengan banyaknya bantuan dari pemerintah," ujar Sugeng.

Baca Juga: Kemenag RI Terapkan Skema Murur Ibadah Haji, Ini Kata Rektor UIN Saizu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya