Pertamina Build Up Stock BBM ke Karimunjawa Antisipasi Cuaca Ekstrem

Pasok 16 kiloliter biosolar dan pertalite

Jepara, IDN Times - Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah melakukan Build Up Stock atau penambahan stok bahan bakar minyak (BBM) di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023).

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keandalan stok BBM, mengingat cuaca ekstrem akibat musim angin baratan (muson barat) berpotensi menimbulkan gelombang tinggi dan menghambat penyaluran kapal pengangkut BBM ke Kepulauan Karimunjawa.

Penambahan stok dilakukan dengan mengirim Mobile Storage berupa dua unit Mobil Tangki (MT) dengan berkapasitas masing-masing 16 kiloliter (KL). Kedua mobil tersebut berisi produk biosolar dan pertalite.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengatakan, Tim Satgas Nataru telah melakukan serangkaian proyeksi, kalkulasi, dan prediksi untuk mengamankan distribusi BBM dan LPG di Karimunjawa. Mulai dari kesiapan armada, persiapan muatan tonase yang handal, penyediaan build up stock. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemda dan TNI/Polri terkait antisipasi cuaca ekstrem.

Pada keadaan normal atau dalam penyaluran reguler, lanjut Aji Anom, satu kali pengiriman kebutuhan BBM di Karimunjawa dilakukan dengan menggunakan kapal SPOB (Self Propelled Oil Barge) dari Integrated Terminal Semarang menuju SPBU Kompak 46.59.402 Karimunjawa. Pasokan tersebut untuk mencukupi kebutuhan warga Karimunjawa selama kurang lebih 15 hari kalender.

“Bulan-bulan ini kami juga siaga terhadap adanya gelombang tinggi yang dapat menganggu distribusi, sehingga kami siapakan pola Regular Alternative Emergency (RAE) atau pola suplai Reguler, Alternatif dan Emergensi dengan bekerja sama dengan beberapa otoritas terkait yang dapat membantu penyaluran BBM dalam keadaan emergency,” jelasnya.

Aji Anom mengimbau, masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina tetap siaga menyalurkan kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik.

“Komitmen seluruh perwira Pertamina Patra Niaga untuk menjaga keamanan pasokan energi di seluruh pelosok wilayah Jawa Tengah dan DIY sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat,” ungkap Aji Anom.

Baca Juga: 241 SPBU Siaga Pertamina untuk Natal dan Tahun Baru di Jateng DIY

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya