UMKM Batik Sragen Tembus Pasar Internasional Berkat Dukungan Pertamina

Bangga batiknya dipakai oleh SBY dan AHY

Intinya Sih...

  • Mira Joe, pengusaha batik asal Sragen, sukses mengembangkan usahanya Murni Asih berkat dukungan Pertamina melalui program UMKM Academy.
  • Program tersebut memberikan pelatihan bisnis dan pemasaran serta pinjaman modal dengan bunga rendah kepada Mira.
  • Komitmen Pertamina dalam mendukung UMKM juga sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG).

Sragen, IDN Times - Mira Joe, seorang pengusaha batik asal Sragen, Jawa Tengah, kini merasakan kesuksesan luar biasa dalam bisnis batiknya, Murni Asih. Berawal dari seorang karyawan di toko batik, Mira kini memiliki pabrik garmen sendiri, beberapa outlet di Indonesia, hingga ekspansi ke Malaysia. Kesuksesan itu tak lepas dari dukungan Pertamina melalui program UMKM Academy yang diikutinya sejak 2020.

1. Kelebihan menjadi mitra binaan

UMKM Batik Sragen Tembus Pasar Internasional Berkat Dukungan PertaminaPT Pertamina (Persero) menjadi penyumbang setoran pajak BUMN terbesar sepanjang tahun 2023 kepada negara (dok. Pertamina)

Mira bergabung sebagai mitra binaan Pertamina tepat sebelum pandemik COVID-19 melanda. Dari program tersebut, ia mendapatkan pelatihan bisnis dan pemasaran yang sangat membantu dalam pengembangan usahanya.

"Saya diberi kesempatan mengikuti Pertamina UMK Academy 2023 dan mengikuti kelas Go Online,” ujar Mira. Berkat pelatihan itu, ia mampu memahami strategi pemasaran digital, yang kini menjadi kunci penting dalam kesuksesan bisnisnya.

Mira juga menerima pinjaman modal dengan bunga rendah dari Pertamina, yang digunakan untuk meningkatkan produksi batiknya.

"Pinjaman dari Pertamina sangat membantu menjaga cash flow usaha saya," ungkapnya.

Dengan modal yang diberikan, Mira mampu meningkatkan jumlah dan kualitas produksi, yang kemudian membawanya menjadi salah satu peserta terbaik dalam Pertamina UMK Academy 2023. Sebagai runner up kelas Go Online, Mira menerima hadiah sebesar Rp 20 juta, yang ia gunakan untuk membeli mesin produksi baru.

2. Mengenalkan motif Batik Sragen

UMKM Batik Sragen Tembus Pasar Internasional Berkat Dukungan PertaminaMira Joe, Pengusaha Batik Motif Sragen bernama Murni Asih saat tampil di ajang Spark Fashion Academy 2024. (Dok. Pertamina)

Kini, Mira tidak hanya memproduksi batik, tetapi juga mengembangkan brand baru bernama Poenja Batik dan Mierto, yang menawarkan berbagai produk seperti kemeja pria, blazer, dan pakaian anak-anak. Inovasinya dalam menciptakan produk baru seperti rok batik kasual yang digemari oleh berbagai kalangan usia, turut memperluas pangsa pasarnya, termasuk pesanan dari negara-negara Asia seperti Myanmar.

Ketekunan Mira dalam mengembangkan usahanya juga mendapat apresiasi dari tokoh-tokoh penting. Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (UMKM Batik Sragen Tembus Pasar Internasional Berkat Dukungan Pertamina), dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono, pernah mengenakan batik produksi Mira dengan motif khas Sragen yang unik dan kaya warna.

“Kami harus terus membaca selera pasar dan mendapatkan pasar baru,” tegas Mira.

Salah satu misi utama Mira dalam menjalankan bisnisnya adalah memperkenalkan motif batik Sragen yang masih kurang dikenal masyarakat luas.

“Saya ingin membantu para pengrajin batik di Sragen yang sering kesulitan menjual produk mereka,” ungkapnya.

3. Membuka jalan UMKM ke pasar Global

UMKM Batik Sragen Tembus Pasar Internasional Berkat Dukungan PertaminaVice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso (dok. Pertamina)

Pertamina melalui program UMK Academy terus mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menekankan bahwa program tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"UMK Academy membantu UMKM di Indonesia lebih maju, berkualitas, dan melek digital, sehingga bisa membuka jalan ke pasar Global," ujar Fadjar.

Komitmen Pertamina dalam mendukung UMKM tidak hanya berhenti di situ. Sebagai perusahaan yang berfokus pada transisi energi, Pertamina juga mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui berbagai program yang berdampak langsung pada masyarakat.

“Seluruh upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina,” tutup Fadjar.

Baca Juga: 5 Trik Bangun Koneksi Profesional di Media Sosial, Jadi Banyak Relasi!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya