1,1 Juta Turis Plesiran di 5 Obyek Wisata Jateng saat Libur Lebaran

Posko Lebaran di Jateng resmi ditutup

Intinya Sih...

  • 1. 1.135.118 wisatawan menikmati liburan Lebaran 2024 di lima destinasi wisata Jawa Tengah, termasuk Candi Borobudur dan Pantai Menganti.
  • 2. Pemudik yang masuk dan melintasi Jateng mencapai 16,86 juta orang, dengan sekitar 3,26 juta orang belum kembali ke perantauan.
  • 3. Ketersediaan pangan, LPG, bahan bakar minyak, dan listrik selama Lebaran dilaporkan aman; Posko Terpadu Lebaran ditutup pada tanggal 19 April 2024.

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.135.118 wisatawan diketahui menikmati musim libur panjang Lebaran 2024 di lima destinasi wisata wilayah Jawa Tengah. Menurut Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Erry Derima Ryanto, kelima obyek wisata itu antara lain Candi Borobudur, Pantai Menganti, Owabong Purbalingga, Air Terjun Guci Slawi Kabupaten Tegal dan Baturraden Kabupaten Banyumas. 

"Adapun jumlah kunjungan wisata yang terdata di lima lokasi unggulan Jateng, yakni Candi Borobudur, Baturraden, Guci, Owabong, Pantai Menganti pada 3 April-16 April 2024 sebanyak 1.135.118 pengunjung," ujar Erry dalam keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (19/4/2024). 

Baca Juga: Kapolri Sebut Mudik dari Jakarta ke Jateng Bisa Ditempuh 6 Jam

1. Pemudik yang masuk Jateng 16,86 juta jiwa

1,1 Juta Turis Plesiran di 5 Obyek Wisata Jateng saat Libur LebaranSejumlah pemudik mengantre untuk naik ke atas KM Dorolonda di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/2/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Selain itu, jumlah pemudik yang masuk dan yang melintas di Jawa Tengah pada Lebaran 2024 mencapai 16,86 juta orang.

Ia merinci saat ada balik, jumlah pemudik yang keluar Jateng sekitar 13,58 juta orang. Sehingga diperkirakan sebanyak 19 persen atau 3,26 juta orang belum kembali ke perantauan. 

2. Juga ada 1 juta kendaraan yang masuk Jawa Tengah

1,1 Juta Turis Plesiran di 5 Obyek Wisata Jateng saat Libur Lebaran

Berdasarkan penghitungan data arus lalu lintas jalan tol maupun non tol selama arus  mudik dan balik, katanya jumlah kendaraan yang masuk sebanyak 1.062.286 unit. Sedangkan yang keluar tercatat 785.619 unit.

Terkait aduan masyarakat, jumlah yang masuk melalui kanal aduan Twitter, Facebook, Lapor Gup, dan WhatsAap sebanyak 80 laporan. Semua aduan masyarakat telah ditindaklanjuti. 

Ketersediaan pangan di Jateng selama Lebaran juga dilaporkan aman. Demikian pula ketersediaan stok LPG, bahan bakar minyak, dan listrik relatif aman selama Lebaran.  

"Meskipun Posko Terpadu Lebaran hari ini ditutup, namun para petugas Balai Perhubungan masih tetap melaksakan Posko Kewilayahan sampai tanggal 19 April 2024 pukul 08.00 WIB," imbuhnya.

3. Sektor konsumsi sumbang pertumbuhan ekonomi

1,1 Juta Turis Plesiran di 5 Obyek Wisata Jateng saat Libur LebaranIlustrasi pemudik yang menggunakan layanan ASDP. (Dok. ASDP)

Sekda Jawa Tengah, Sumarno mengatakan, sekitar 16 juta pemudik telah memberikan dampak ekonomi. Sebab, ribuan orang itu berbelanja makanan dan menginap di Jateng, sehingga mampu mendongkrak perekononian setempat. 

"Para pemudik tentu berkontribusi terhadap perkonomian di Jateng, karena pertumbuhan ekonomi di Jateng banyak ditopang dari sektor konsumsi,” katanya.

Dijelaskan Sumarno,  Posko Terpadu Lebaran 2024 di Kantor Dishub Jateng melibatkan berbagai stakeholder, pelaksanannya pada 3-18 April 2024.

"Alhamdulillah pelaksanaan Posko Lebaran 2024 dari laporan 9 koordinator bidang, secara umum sangat lancar dan sukses,” ungkapnya. 

Namun masih ada beberapa catatan yang harus dievaluasi. Salah satunya terkait aktivitas penerbangan balon udara yang kerap dilakukan masyarakat.

Oleh karenanya, ia meminta pemerintah kabupaten/kota makin memperketat pengendalian aktivitas penerbangan balon udara.

Baca Juga: Libur Lebaran Konsumsi BBM Naik hingga 250 persen di Tol Jateng 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya