121 Rumah Warga di Jepara Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Hujan dan angin kencang landa Jepara

Jepara, IDN Times - Sebanyak 121 rumah warga rusak akibat angin puting beliung yang menyapu tiga desa di Kecamatan Bangsri dan Kembang, Kabupaten Jepara Minggu (21/4/2024).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengatakan ratusan rumah yang terdampak bencana angin puting beliung tersebut ada di tiga desa yakni Desa Wedelan dan Banjaragung (Kecamatan Bangsri) dan Desa Kancilan (Kecamatan Kembang).

Bencana alam angin puting beliung diperkirakan terjadi antara pukul 12.00 WIB, didahului terjadinya hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan banyak pohon tumbang dan merusak beberapa atap rumah warga.

Tak hanya rumah warga yang terdampak, bencana tersebut juga merusak fasilitas umum yakni tiang listrik milik PLN yang roboh dan merusak gudang mebel.

Berdasarkan data sementara BPBD Jepara rumah yang rusak sebanyak 121 rumah dengan tingkat kerusakan bervariasi. Di Desa Wedelan terdapat 91 rumah warga yang terdampak, di Desa Banjaragung terdapat tujuh rumah, dan Desa Kancilan terdapat 23 rumah warga.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada insiden ini, sedangkan kerugian masih dalam pendataan petugas di lapangan.

"Kami juga sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Jepara di tiga desa terdampak bencana tersebut untuk melakukan kaji cepat dan penanganan, termasuk evakuasi pohon tumbang karena melintang di jalan agar bisa dilalui kendaraan," ujarnya.

Baca Juga: Vonis 7 Bulan Aktivis Lingkungan Karimunjawa Jepara akibat UU ITE

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya