2 Pastor Keuskupan Semarang Diisolasi di Yogyakarta Tertular COVID-19

Salah satunya tertular saat Misa Natal 2020

Semarang, IDN Times - Dua pastor yang bertugas di lingkungan Keuskupan Agung Semarang saat ini tengah menjalani masa isolasi di RS Panti Rapih Yogyakarta setelah didiagnosis tertular virus corona. Mereka adalah Romo Paul Suparno dan Romo Adrianus Maradiyo yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 dari hasil swab PCR yang dilakukan belum lama ini.

"Kondisinya Romo Paul dan Romo Adrianus sekarang tergolong cukup baik. Beliau tidak ada gejala sesak napas maupun demam. Dan sudah kita beri fasilitas isolasi mandiri di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta yang lokasinya dekat kampus UGM," kata Koordinator Satgas Penanganan COVID-19, Keuskupan Agung Semarang (KAS), YR Edy Purwanto Pr saat dihubungi IDN Times via sambungan telepon, Kamis (14/1/2021).

1. Romo Paul tertular COVID-19 saat perjalanan pulang ke Yogyakarta

2 Pastor Keuskupan Semarang Diisolasi di Yogyakarta Tertular COVID-19Umat Katolik di Banda Aceh menggelar Misa Natal di Gereja Katolik Hati Kudus (IDN Times/Saifullah)

Romo Edy mengungkapkan sampai sekarang pihaknya tidak tahu dari mana keduanya terpapar COVID-19. Romo Paul, lanjutnya, diketahui terkena COVID-19 usai pulang kunjungan dari Timor Leste. Sebelum naik pesawat menuju Yogyakarta, Romo Paul sempat tes swab PCR dengan hasil negatif.

Namun, saat perjalanan darat menuju Yogyakarta, Romo Paul kembali menjalani tes swab dengan hasil yang didapat justru menunjukan positif virus corona.

"Awal tertularnya Romo Paul gak diketahui sampai sekarang. Romo Paul kan habis pulang dari Timor Leste. Sudah di-swab antigen pas naik pesawat, lalu swab PCR lagi untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan menuju Yogyakarta. Belakangan hasilnya positif," ungkapnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Jateng Melonjak, 6 Gereja Terapkan Sistem Buka Tutup

2. Romo Adrianus terpapar setelah ikut misa Natal 2020

2 Pastor Keuskupan Semarang Diisolasi di Yogyakarta Tertular COVID-19Ilustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sementara itu, Romo Adrianus tertular setelah mengikuti rangkaian ibadah misa Natal pada Desember 2020 lalu.

"Romo Paul masih dikarantina di RS Panti Rapih. Kalau Romo Adrianus tinggal menungu swab evaluasinya. Semoga hasilnya cepat negatif," tambahnya.

3. Romo Paul dosen Sanata Dharma. Sedangkan Romo Adrianus sebagai Vikaris Epikopal DIY Timur

2 Pastor Keuskupan Semarang Diisolasi di Yogyakarta Tertular COVID-19harga.web.id

Ia menjelaskan Romo Paul selama ini dikenal sebagai dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sedangkan Romo Adrianus merupakan Vikaris Episkopal DIY. 

Pihaknya menyampaikan, setelah Romo Paul tertular COVID-19, pihak kampus Sanata Dharma langsung menggelar swab massal.

"Hasilnya semua mahasiswanya negatif COVID-19," terangnya.

Adapun para pastor yang sempat kontak fisik dengan Romo Adrianus di Komunitas Kidul Loji, saat ini hasil swab mereka negatif COVID-19.

"Komunitas para romo yang tinggal di Kidul Loji sudah swab semua dan hasilnya negatif. Di Sanata Dharma juga swab massalnya tidak ada yang positif. Maka kampus Sanata Dharma tidak di-lockdown. Mudah-mudahan semuanya cepat sembuh agar tetap sehat seperti sediakala lagi," tuturnya.

Baca Juga: Ibadah Natal, Gereja Katolik di Jateng Wajibkan Umat Swab, Rapid Tes

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya