Angkut Alat Berat, Kapal Cipta Harapan IX Terbalik di Karimunjawa, 5 Orang Hilang

Personel gabungan masih mencari para korban yang raib

Jepara, IDN Times - Sebuah kapal landing craft tank (LCT) Cipta Harapan IX dilaporkan terbalik di perairan Karimunjawa, Jepara, Jumat (16/6/2023).

Informasi dari Basarnas menyebutkan, kapal tersebut semula menempuh perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan membawa berbagai alat berat. 

Baca Juga: Paksa ABG Threesome, Pasutri di Jepara Diringkus Polisi

1. Kapal Cipta Harapan IX lost kontak Senin malam kemarin

Angkut Alat Berat, Kapal Cipta Harapan IX Terbalik di Karimunjawa, 5 Orang HilangPersonel SAR Semarang mengerek benda diduga serpihan kapal Cipta Harapan IX yang tenggelam di Karimunjawa. (IDN Times/Dok Humas SAR Semarang)

Kapal Cipta Harapan IX memiliki jadwal pelayaran dengan tujuan ke Pelabuhan Taliabu, Halmahera, Kabupaten Maluku. Menurut Kepala SAR Semarang, Heru Suhartanto, selama perjalanan, kapal Cipta Harapan IX terpantau dari alat Global Positioning System (GPS) memacu kecepatan 2.2 knot. 

"Awalnya perjalanan dari Priok tanggal 9 Juni kemarin jam 14.00 siang. Setelah perjalanan selama empat hari, pada Senin ( 12/06/2023) kapal masih terpantau dengan kecepatan 2.2 knot. Tapi pas malamnya hilang kontak. Alat pemancar sinyalnya juga off," tutur Heru, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga: Wow! 184 Kades Jepara Dapat Motor N-Max Merah, Alasannya Bisa Dipakai di Gunung

2. Kapal Triniti temukan bangkai kapal Cipta di Karimunjawa

Angkut Alat Berat, Kapal Cipta Harapan IX Terbalik di Karimunjawa, 5 Orang HilangBalai Taman Nasional Karimunjawa bersama Lanal dan polisi saat mengawasi kedatangan wisatawan di Pulau Karimunjawa Jepara. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Kemudian, pada Selasa (13/6/2023) kisaran pukul 07.00 pagi, sebuah kapal bernama TB Triniti yang sedang melintas di Karimunjawa memberikan kabar kepada SAR Semarang bahwa tampak ada kapal yang terbalik. 

Titik koordinat kapal yang terbalik berada di 05°40'1" S - 109°57'21" E. Ciri kapal itu warnanya oranye. Setelah dicek ulang oleh personel SAR Semarang, kapal yang terbalik tersebut merupakan Cipta Harapan IX yang hilang kontak pada Senin malam. 

"Kapal tersebut terbalik di sekitar perairan Karimunjawa dengan Person On Boat (penumpang) 11 orang. Ada enam orang kondisi selamat. Dan lima orang dalam pencarian" ujar Heru. 

3. Personel gabungan pakai KN Sadewa lacak korban yang masih hilang

Angkut Alat Berat, Kapal Cipta Harapan IX Terbalik di Karimunjawa, 5 Orang HilangPetugas gabungan berpatroli di Karimunjawa Jepara. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Pihaknya menuturkan saat ini personel SAR gabungan telah menyusuri perairan Karimunjawa guna melacak keberadaan lima orang yang masih hilang. Lima orang itu diduga kuat merupakan para ABK Kapal Cipta Harapan IX. 

Regu SAR juga memakai KN Sadewa 231 Basarnas, kapal MV Sinar Sejati 2, kapal Kargo SK 3 dan SROP Karimunjawa. Upaya pencarian korban difokuskan pada empat titik koordinat. Masing-masing koordinat yaitu:

A. 05⁰ 50’ 14” S - 109⁰ 53’ 37” E
B. 05⁰ 20’ 56” S - 109⁰ 53’ 37” E
C. 05⁰ 20’ 56” S - 109⁰ 109’ 53” E
D. 05⁰ 50’ 14” S - 109⁰ 109’ 53” E

"Saat ini kondisi cuaca  perairan Karimunjawa cerah. Tinggi gelombang sekitar  0,5-1 meter. Semoga tim SAR gabungan diberikan kemudahan dan korban cepat ditemukan," kata Heru. 

4. Daftar korban yang hilang

Angkut Alat Berat, Kapal Cipta Harapan IX Terbalik di Karimunjawa, 5 Orang HilangIlustrasi kapal tenggelam. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Adapun daftar korban kecelakaan kapal Cipta Harapan IX yang selamat sebagai berikut:

1. Roslan
2. Baharjuddin
3. Agus Guswandi
4. Rakhmat Syahputra G
5. Ary Supend Leza
6. Julius Christian

Untuk daftar korban yang masih hilang sebagai berikut:

1. Titus Radja
2. Eko Retno Fedianto
3. Muh Reza
4. M Paulus
5. Amhis Hallu

Baca Juga: Ambon Gebuki Kakek di Jepara Gegara Sepiker Musala Dimatikan saat Azan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya