APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage Purwokerto

Ketua APPSI cek langsung kondisi para pedagang pasar

Intinya Sih...

  • Ketua Umum APPSI, Sudaryono, kunjungi Pasar Wage, Purwokerto untuk mendengar aspirasi pedagang pasar tradisional.
  • Sudaryono berkomitmen memperjuangkan hak dan kepentingan para pedagang pasar serta mencarikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.
  • APPSI akan memberdayakan pedagang agar dapat memanfaatkan platform online dan mengatasi masalah modal melalui program dana bergulir Warung Juang.

Banyumas, IDN Times - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono mengunjungi Pasar Wage, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (10/5/2024). 

Kunjungan ini untuk mendengar dan menyerap aspirasi para pedagang pasar tradisional.

Kehadiran Sudaryono yang kini tengah digadang-gadang maju dalam Pilgub Jateng disambut dengan antusias oleh ratusan pedagang pasar yang ingin menyampaikan aspirasi dan keluh kesah mereka.

Dengan seksama Sudaryono mendengarkan aspirasi para pedagang pasar dan menyampaikan komitmen APPSI untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan para pedagang pasar.

"Pasar tradisional merupakan jantung perekonomian rakyat. Oleh karena itu, perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak agar dapat terus berkembang dan bersaing," ujar Sudaryono.

Baca Juga: Dilema Sampah di Banyumas Pasca Lebaran, ada TPS Tapi Tak Berfungsi 

1. Kondisi Pasar Wage tidak bau

APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage PurwokertoKetua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut Sudaryono, Pasar Wage Purwokerto pernah mengalami kebakaran dan pemerintah telah melakukan rehabilitasi. Ia mengakui kondisi pasar tersebut cukup ramai, tidak bau, dan terlihat cukup baik.

"Kemudian, koperasi yang saya pimpin kebetulan juga menyalurkan dana bergulir, namanya Warung Juang. Di sini jatahnya 1 pasar (sebesar) Rp5 juta, jadi hanya lima orang yang dapat manfaat," kata Direktur Eksekutif Koperasi Garudayaksa Nusantara itu.

2. Sudaryono janji beri solusi buat pedagang pasar

APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage PurwokertoKetua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono dibisiki pedagang Pasar Wage Purwokerto. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk itu, ia yang juga menjadi Ketua Dewan Pembina Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) akan mencarikan solusi terhadap masalah yang dihadapi pedagang pasar. Terutama yang menjual produk non-fresh seperti pakaian, sandal, dan sepatu, untuk beradaptasi dengan era digital.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan mereka agar dapat memanfaatkan platform online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka.

Sementara mengenai masalah modal yang dihadapi para pedagang pasar, Sudaryono menyampaikan juga akan mencarikan solusinya. Salah satunya melalui bantuan dana bergulir bernama Warung Juang.

"Papera punya program dana bergulir Warung Juang. ini pinjaman tanpa bunga dan tanpa riba. Di pasar ini sudah ada penerima manfaatnya. Nah ke depan akan kami tingkatkan lagi dan diperbanyak penerima manfaatnya," ujar Sudaryono.

3. Akan tingkatkan manfaat program Warung Juang

APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage PurwokertoKetua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono juga cek pasar tradisional di Banjarnegara. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sudaryono menyampaikan, sampai saat ini penerima manfaat warung juang di seluruh Indonesia sebanyak 30 ribu pedagang. Sementa di Jawa Tengah sebanyak 7 ribu pedagang.

"Ke depan di Jawa Tengah penerima manfaatnya akan kami tingkatkan terus," ujarnya.

Usai menyerap aspirasi masyarakat, ia mencairkan dana bergulir kepada pedagang pasar. Bahkan, ia juga sempat memborong sandal.

"Terima kasih pak sudah beli sandal saya. semoga dagangan saya laris dan bapak sehat selalu," ujar salah satu pedagang.

Selanjutnya, Sudaryono menyempatkan diri minum kopi. Pria yang ikut nyalon gubernur Jawa Tengah ini juga menyempatkan diri untuk ngobrol santai dengan para pedagang. Sejumlah pedagang pun sangat senang atas kunjungan tersebut.

4. Tinjau UMKM di Banjarnegara

APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage Purwokerto

Selain itu, Sudaryono juga mengatakan sangat terkesan dengan kegigihan para pedagang dan pelaku UMKM di Banjarnegara. Dia mengatakan bahwa mereka mampu bertahan di tengah situasi yang sulit dan terus berusaha untuk mengembangkan usahanya.

"Saya sangat terkesan dengan kegigihan para pedagang dan pelaku UMKM di Banjarnegara. Mereka adalah pahlawan ekonomi yang terus berusaha untuk membangun bangsa ini," ujar Sudaryono.

Baca Juga: Bawaslu Telusuri Dugaan Pelanggaran saat Rakernas APPSI di Setos Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya