Bambang Pacul Rangkul Sudaryono dan Ajak Duduk Bersebelahan

Ketua DPD Parpol se Jateng kumpul

Semarang, IDN Times - Pimpinan partai politik seluruh Jawa Tengah mengadakan pertemuan perdana pasca penyelenggaraan Pemilu 2024 di Hotel Padma, Semarang, Jawa Tengah, 1 Mei 2024 malam.

Acara yang juga bertepatan dan masih dalam suasana Idulfitri dan bertema Halal Bi Halal ini diselenggarakan untuk menjalin komunikasi antar parpol.

Ada yang menarik dalam pertemuan tersebut. Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono yang tiba belakangan langsung disambut hangat oleh seluruh ketua parpol.

Baca Juga: Grassroot PDIP Mulai Bergerak Usung Bambang Pacul di Pilgub Jateng

1. Komandan Pacul ajak Sudaryono duduk bareng

Bambang Pacul Rangkul Sudaryono dan Ajak Duduk BersebelahanKetua PKS Muhammad Afif, Ketua Gerindra Jateng Sudaryono dan Ketua PDIP Jateng Bambang Pacul. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua PDIP Jateng, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul selaku pihak penyelenggara merangkul Sudaryono seraya menawarkan duduk di sebelah kanannya.

"Sini. Duduk sini," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul tersebut sambil menyodorkan kursi kepada Sudaryono.

Sudaryono kemudian menyalami seluruh ketua parpol yang hadir. Kemudian, Mas Dar sapaan Sudaryono pun duduk bersebelahan dengan Bambang Pacul.

Keduanya bersama pimpinan partai politik terpantau melakukan dialog santai. Sayangnya dialog itu tidak bisa diketahui lantaran tertutup untuk awak media.

Seluruh petinggi partai politik se Jawa Tengah (Jateng) berkumpul dan menggelar halal bihalal di Hotel Padma Semarang, Rabu malam. Pertemuan pertama elit partai usai Pilpres dan Pileg 2024 ini menjadi salah satu simbol keharmonisan parpol di Jateng.

2. Wujud setelah bertanding yakni bersanding

Bambang Pacul Rangkul Sudaryono dan Ajak Duduk BersebelahanKetua Gerindra Jateng Sudaryono saat memberi sambutan di acara konsolidasi kader Gerindra. (IDN Times/Dok Gerindra Jateng)

Ditemui usai acara, Sudaryono mengapresiasi acara tersebut. Sebab selain bertepatan dengan momen perayaan Indulfitri, pertemuan ini sebagai bentuk kerukunan elit partai di Jateng usai berkompetisi di Pilpres dan Pileg.

"Saya kira bagus, ini wujud setelah bertanding-bersanding. Semua partai punya cita-cita baik. Punya keinginan baik, semua ingin mengabdi untuk bangsa negara. Tentu cara mengabdinya lewat parpol. Itu implikasi demokrasi," ucap Sudaryono dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Sabtu (4/5/2024).

Meski ia mengaku tak ada pembicaraan terkait Pilgub 2024, namun ia menegaskan seluruh partai politik di Jawa Tengah pasti akan melakukan komunikasi.

"Saya kira semua komunikasi politik antar pimpinan daerah kita lakukan. Wujud penjajakan menyerap informasi. Tentu keputusan ada di Jakarta walaupun keputusan di Jakarta banyak juga didasari usulan daerah. Saya kira semua partai sama," kata Sudaryono.

3. Semua elite parpol kumpul bareng di Hotel Padma

Bambang Pacul Rangkul Sudaryono dan Ajak Duduk BersebelahanBendera partai politik peserta pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adapun elit partai yang hadir dalam acara ini antara lain, Masruhan Samsurie Ketua DPW PPP Jateng, Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng sebagai Ketua TKD Ganjar-Mahfud Jateng, Sekretaris DPD PDIP Jateng Sumanto sekaligus Ketua DPRD Jateng, Sekretaris DPW Perindo Jateng Bambang Anto Wibowo.

Kemudian ada Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng Juliyatmono, Ketua Demokrat Jateng Rinto Subekti, Ketua PKB Jateng Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf. Tokoh-tokoh lainnya juga hadir malam itu. Banyak di antara mereka meminta foto bersama Bambang Pacul.

“Saya kira ini bagus ya, ini bukan pertemuan yang pertama, tapi pertemuan yang ke sekian kali. Saya kira ini wujud dari setelah bertanding, bersanding,” lanjut Sudaryono.

4. Halal bihalal jadi ajang ritual parpol

Bambang Pacul Rangkul Sudaryono dan Ajak Duduk BersebelahanAcara rakor pemantapan pengamanan Pemilu 2024 di Griya Persada Ungaran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semetara itu, Bendahara PDIP Jateng Agustina Wilujeng menyebut kegiatan semacam ini menjadi semacam ritual parpol se-Jateng. Menurut dia, halal bihalal kali ini sedikit istimewa karena dilakukan usai Pilpres dan Pileg.

"Hari ini kita tadi saling bermaafan dan berjanji bertemu kembali nanti setahun kemudian setelah bertanding Pilkada (2024),” jelasnya.

Baca Juga: Pilkada Jateng, Elektabilitas Hendrar Unggul Tipis dari Sudaryono

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya