Bandara Ahmad Yani Terhindar Aksi Hacker, Imigrasi Alami Gangguan

Layanan paspor tersendat sejak Kamis

Intinya Sih...

  • Serangan hacker tidak mempengaruhi operasional Bandara Ahmad Yani Semarang.
  • Data penumpang dan layanan digital di bandara masih aman dari serangan hacker.
  • Kantor Imigrasi Kota Semarang mengalami gangguan pelayanan paspor akibat downnya pusat data nasional Kemenkominfo.

Semarang, IDN Times - Serangan hacker terhadap layanan server internet di instansi pemerintah rupanya tidak mempengaruhi operasional bandar udara di Jawa Tengah. Pengelola Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengungkapkan terdapat tiga layanan digital yang kini masih aman digunakan karena terhindar dari aksi hacker

Baca Juga: Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Paspor dan Perlintasan

1. Operasional Bandara Ahmad Yani tidak terkendala

Bandara Ahmad Yani Terhindar Aksi Hacker, Imigrasi Alami GangguanSeorang perempuan muda bersama suami dan anaknya di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ahmad Zulfian Noor, Station Relation Manajer, Bandara Ahmad Yani Semarang mengatakan bandaranya sejak beberapa hari terakhir sampai hari ini masih beroperasi normal. 

Operasional bandaranya tidak berdampak sama sekali terhadap serangan hacker yang dikabarkan membobol sejumlah server internet kantor-kantor dinas. 

"Baik semua. Operasional kita berjalan dengan baik tidak ada kendala," ungkap Zul kepada IDN Times, Selasa (25/6/2024). 

2. Data trafik penumpang bandara aman

Bandara Ahmad Yani Terhindar Aksi Hacker, Imigrasi Alami GangguanPetugas Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Zul juga mengklaim data-data penumpang maupun lainnya juga masih aman. Tidak ada satupun, katanya data server di Bandara Ahmad Yani yang dibobol oleh hacker. 

"Sampai saat ini aman data kita," akunya. 

Dirinya pun bersyukur dengan situasi yang terkendali di Bandara Ahmad Yani. Padahal, bila ditilik secara keseluruhan, bandaranya selama ini telah memberlakukan layanan digital hampir di semua lini pelayanan publik. 

Setidaknya ada tiga layanan digital di bandaranya yang terhindar dari serangan hacker. Antara lain layanan check in, layanan kargo dan layanan parkir. 

"Hampir semua layanan sudah memakai digital semua. Mulai sistem parkir sampai laporan manifes penumpang," tutur Zul. 

3. Imigrasi Semarang alami gangguan pembuatan paspor

Bandara Ahmad Yani Terhindar Aksi Hacker, Imigrasi Alami GangguanLayanan pembuatan paspor di Imigrasi Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terpisah, pihak Imigrasi Kota Semarang memohon maaf kepada para pemohon paspor karena ada gangguan pelayanan. Sebab, dari pusat data nasional Kemenkominfo mengalami down sehingga berimbas terhadap layanan paspor di kantor imigrasi. 

"Tidak hanya kantor imigrasi Semarang tapi juga seluruh imigrasi yang melayani pembuatan paspor dan tempat perlintasan paspor se-Indonesia. Untuk itu, pada masyarakat kami masih tyeyap melayani yang memiliki kuota e-paspor. Namun untuk proses pencetakan masih mengalami kendala. Dan kami terus melakukan pembenahan agar segera teratasi," ujar Guntur Sahat Hamonangan, Kepala Imigrasi Kelas I Kota Semarang. 

4. Pembuatan ratusan paspor tersendat

Bandara Ahmad Yani Terhindar Aksi Hacker, Imigrasi Alami Gangguanilustrasi paspor (freepik/freepik)

Tetapi, pemohon paspor tetap dilayani untuk pengambilan foto geometrik hanya saja alokasi paspor belum bisa dilakukan. Karena ada gangguan ini yang tadinya bisa dilayani empat hari, maka layanan tidak bisa dilayani sesuai jadwal. 

"Sehari kami melayani 400 pemohon paspor. Dan itu terkendala sejak hari Kamis," tutur Guntur. 

Baca Juga: Muncul 124 Blank Spot di Jateng, Disdik Beri Zonasi Khusus

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya