Banjir Semarang, Pasokan Listrik di PLTGU Tambaklorok Dipastikan Aman

82 Petugas Indonesia Power Tambaklorok siaga

Semarang, IDN Times - Imbas dari hujan deras yang melanda Kota Semarang selama beberapa hari terakhir, mengakibatkan banjir yang melanda hampir di seluruh wilayah Kota Semarang.

Lokasi PT PLN Indonesia Power UBP Semarang yang terletak di Jalan Ronggowarsito Komplek Pelabuhan Tanjung Emas, tak luput dari genangan air yang melanda Kota Semarang sejak Rabu dini hari.

Baca Juga: Banjir Mulai Surut, Stasiun Semarang Tawang Kembali Beroperasi

1. PLTGU Tambaklorok pasok listrik sebanyak 8.765,11 MWH

Banjir Semarang, Pasokan Listrik di PLTGU Tambaklorok Dipastikan AmanSeorang petugas sedang memonitor sistem kelistrikan melalui layar monitor untuk mengetahui seberapa kuat penyaluran aliran listrik selama banjir di Kota Semarang. (IDN Times/Dok Humas PLTGU Tambaklorok)

Wahyu Tri Asmara, Manager Operasi PLN Indonesia Power Tambaklorok mengatakan dengan memanfaatkan pompa dan polder penampungan air yang terdapat di area unit, PLTGU Tambaklorok tetap beroperasi prima tanpa terkendala apapun.

"Bencana banjir tidak menyurutkan semangat personel PLN IP UBP Semarang. Sebanyak 82 personel dari bidang operasi dan pemeliharaan bersiaga dalam menjaga keandalan pembangkit di tengah banjir. Per tanggal 13 Maret 2024, suppy listrik harian PLTGU Tambaklorok mencapai 8.765,11 MWH," ujarnya, Jumat (15/3/2024).

2. Pasokan listrik saat puasa dan lebaran tetap terpenuhi

Banjir Semarang, Pasokan Listrik di PLTGU Tambaklorok Dipastikan AmanPLN menerangi 80 dusun di daerah terpencil pada enam kabupaten di Sulawesi Barat. Sebanyak 594 keluarga kini menikmati listrik 24 jam. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Di tengah terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia khususnya Kota Semarang, PLN IP UBP Semarang pastikan pasokan listrik tetap terpenuhi selama Bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah.

3. BPBD evakuasi lansia balita dan warga yang sakit

Banjir Semarang, Pasokan Listrik di PLTGU Tambaklorok Dipastikan AmanLansia anak-anak dan wanita mengungsi ketempat yang aman. IDN Times/ Riyanto

Terpisah, Kepala BPBD Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto mengatakan, untuk hari ini di wilayah Muktiharjo Kidul, pihaknya mengevakuasi lansia, balita dan warga yang sakit, serta distribusi logistik.

"Allamdulilah di beberapa titik sudah mengalami penurunan genangan. Tapi beberapa titik seperti di RW 12 Dempel Lor Muktiharjo Kidul masih cukup dalam ketinggian genangan sekitar 70-80 sentimeter," ujar Endro kepada IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/pxWcOKefmhU

Baca Juga: 6 Kabupaten/Kota di Jateng Kebanjiran, BPBD: SOP Kita Penyelamatan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya