Berkas Belum Komplit, Pendaftaran 2 Cagub Jateng Belum Memenuhi Syarat

KPU beri deadline perbaikan tiga hari

Intinya Sih...

  • KPU Jateng menemukan banyak dokumen pendaftaran paslon gubernur Jawa Tengah tidak lengkap.
  • Ada 5 dokumen Luthfi, 6 dokumen Yasin, 13 dokumen Andika, dan 4 dokumen Hendrar yang belum memenuhi syarat.
  • Kedua paslon cagub-cawagub harus melakukan perbaikan berkas pendaftaran mulai 6-8 September 2024.

Semarang, IDN Times - Sejumlah berkas pendaftaran yang diajukan dua pasangan calon (paslon) gubernur Jawa Tengah dinyatakan belum memenuhi syarat. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU Jawa Tengah menemukan masih banyak dokumen pendaftaran yang tidak lengkap sehingga membutuhkan proses perbaikan.

Baca Juga: Tes Kesehatan di RS Kariadi, Andika dan Ahmad Luthfi Sarapan Bareng

1. Tim pokja teliti berkas pendaftaran Pilgub Jateng

Berkas Belum Komplit, Pendaftaran 2 Cagub Jateng Belum Memenuhi SyaratKomisioner Divisi Litbang, Mei Nurlela, Komisioner Divisi Teknis, Muhamad Machruz, Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono dan Komisioner Divisi Data Informasi Paulus Wijayanto. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Handi Tri Ujiono, Ketua KPU Jawa Tengah mengatakan dokumen yang belum lengkap milik Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan tim pokja KPU diketahui dokumen pendaftaran yang paling banyak belum memenuhi syarat ialah milik cagub yang diusung PDIP, Andika Perkasa. 

"Hasil penelitian ada lima dokumen Pak Luthfi yang dinyatakan belum memenuhi syarat sehingga perlu dilakukan perbaikan. Pak Yasin ada enam dokumen belum memenuhi syarat. Untuk Pak Andika ada 13 dokumen dinyatakan belum memenuhi syarat. Dan terakhir dari Pak Hendrar Prihadi alias Hendi ada empat dokumen yang belum memenuhi syarat," ujar Handi saat memeberikan pernyataan kepada media di kantornya, Jalan Veteran Semarang, Kamis (5/9/2024). 

Fakta tersebut ia temukan dalam proses penelitian syarat administrasi yang dikerjakan tim pokja KPU Jateng dengan anggota tujuh orang. Hal ini guna mengetahui kebenaran syarat berkas pendaftaran dua paslon cagub-cawagub. 

2. KPU Jateng: Dua paslon cagub belum penuhi syarat

Berkas Belum Komplit, Pendaftaran 2 Cagub Jateng Belum Memenuhi SyaratWapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dan Ahmad Luthfi dan Gus Yasin masuk ke KPU Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Pihaknya menuturkan berkas dokumen milik dua paslon yang harus dipenuhi seperti surat keterangan ijazah, surat keterangan dari pengadilan negeri sampai surat keterangan administrasi teknis lainnya. 

KPU Jateng, katanya telah menyampaikan kepada masing-masing tim sukses paslon untuk segera dilakukan perbaikan syarat. 

"Sehingga dari kesimpulan keempat paslon belum memenuhi syarat. Dua-duanya kami nyatakan belum memenuhi syarat. Dan sudah kami sampaikan ke masing-masing tim sukses paslon yang bersangkutan. Nantinya mereka harus melaksanakan perbaikan syarat pendaftaran," paparnya.

3. Perbaikan mulai 6-8 September

Berkas Belum Komplit, Pendaftaran 2 Cagub Jateng Belum Memenuhi SyaratAndika Perkasa - Hendrar Prihadi yang diusung PDIP di Pilkada Jateng 2024 menjalani tes kesehatan di RS Kariadi Semarang, Kamis (29/8/2024). (Youtube KPU Jateng)

Pihaknya mewajibkan dua paslon cagub-cawagub memperbaiki berkas pendaftaran mulai 6-8 September 2024 lusa. Hasil perbaikan akan diteliti KPU Jateng 6-14 September untuk kemudian diumumkan hasilnya.

"Apabila perbaikan berkas tidak kunjung dilakukan maka status yang tadinya belum memenuhi syarat akan berubah jadi TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," ungkapnya. 

4. Untuk hasil tes kesehatan dinyatakan fit

Berkas Belum Komplit, Pendaftaran 2 Cagub Jateng Belum Memenuhi SyaratKetua KPU Jateng Handi Tri Ujiono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kendati demikian, untuk hasil pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan 29 Agustus 2024 menyatakan dua paslon cagub-cawagub fit atau dalam kondisi prima untuk mengikuti tahapan Pilkada. 

Tes kesehatan sendiri sudah dikerjakan paramedis RSUP dr Kariadi bersama BNNP Jateng. Hasilnya sudah muncul 2 September kemarin.

"Meliputi pemeriksaan fisik 18 item, kesehatan jiwa menyeluruh dan pemeriksaan bebas narkoba dan psikotropika yang melibatkan tim penilai dari BNN Jateng. Untuk kesimpulan pemeriksaan kesehatan di RSUP Kariadi keempat calon ini fit mengikuti tahapan Pilkada," jelasnya. 

Baca Juga: Maju Pilkada Jateng 2024, Ahmad Luthfi Mundur dari Irjen Kemendag

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya