Cara Bapas Semarang Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Bapas bekali pegawai peningkatan layanan publik

Semarang, IDN Times - Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang bekerja sama dengan BCA (Bank Central Asia) Wilayah II Semarang menggelar Sinau Bareng berupa Pelatihan Hospitality dengan tema Menjadi ASN PASTI BERAKHLAK, Wujudkan Pelayanan Prima, Kinerja Kemenkumham PASTI Berdampak pada Kamis (14/03/2024) bertempat di Aula Bapas Kelas I Semarang.

Baca Juga: Kurangi Stigma, Anak Berhadapan Hukum Dibackup BNN dan Bapas Semarang

1. Bapas gandeng BCA

Cara Bapas Semarang Tingkatkan Kualitas Layanan PublikKepala Bapas Semarang Sarwito dan jajarannya saat dibekali pelatihan hospitality. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Bapas Kelas I Semarang Sarwito dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini penting sebagai upaya meningkatkan kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui kerjasama dengan BCA yang terkenal dengan keramahannya dalam melayani tentu dapat menjadi tempat belajar bagi petugas pelayanan Bapas Semarang" ujar Sarwito, Kamis (14/2024). 

2. Bapas minta pegawai maksimalkan 5S

Cara Bapas Semarang Tingkatkan Kualitas Layanan PublikAcara pelatihan hospitality bertemakan sinau bareng yang diadakan Bapas Semarang dan BCA. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, Sarwito menyampaikan meskipun BCA memiliki jenis pelayanan yang berbeda dengan Bapas Semarang namun tentu saja mimiliki prinsip-prinsip yang sama dalam memberikan pelayanan.

Pelatihan dilanjutkan dengan paparan materi tentang Pelayanan Prima oleh Kusniawan Pratama selaku Officer Service Quality Wilayah BCA Semarang.

"Kita harus memaksimalkan 7 detik pertama pelayan dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun" ujar Wawan sapaan akrabnya.

3. Diharapkan bisa dukung zona integritas

Cara Bapas Semarang Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Wawan menyampaikan dalam memberikan pelayanan juga diperlukan empati, koneksi emosional, dan integritas sehingga dapat menciptakan kesan layanan yang baik.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab diskusi berkaitan dengan pelayanan publik yang prima, dan penyerahan cinderamata/kenang-kenangan oleh Kabapas Semarang.

Melalui pelatihan ini, Bapas Semarang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Baca Juga: Sejumlah Motor Mogok Akibat Terjang Banjir di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya