Cek ke Pasar Johar, Bapanas Anggap Harga Daging Ayam Masih Bagus

Bapanas pantau harga bersama Dishanpan

Intinya Sih...

  • Deputi Bapanas memantau harga bahan pangan di Pasar Johar bersama Dishanpan Jateng dan Kota Semarang.
  • Harga stabil, seperti daging ayam Rp37-40 ribu/kg, bawang putih Rp38-40 ribu/kg, dan beras SPHP Rp12 ribu/kg.
  • Bapanas berharap harga di tingkat petani tidak anjlok meskipun akan memasuki giling tebu, serta bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan.

Semarang, IDN Times - Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa, memantau harga bahan pangan di Pasar Johar, Minggu (30/6/2024).

Pantauan dilakukan bersama Kepala Dishanpan Jateng Dyah Lukisari dan Sekretaris Dishanpan Kota Semarang Pranyoto. Tampak Kabid Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Dishanpan Jateng Sri Brotorini dan Koordinator Wilayah 01 Johar, Supana.

Pantauan dilakukan di Pasar Johar Selatan, yang menjual bahan pangan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, beras, daging ayam dan daging sapi. Tinjauan kemudian berlanjut di area depan Pasar Kanjengan.

Baca Juga: Bos Bapanas Ungkap Alasan Bansos Pangan Jadi 2 Bulan Sekali

1. Harga daging ayam Rp37-Rp40 ribu

Cek ke Pasar Johar, Bapanas Anggap Harga Daging Ayam Masih BagusDeputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa mengatakan, tujuan agenda ini untuk memonitor harga-harga bahan pangan.


"Hasil pantauan kami, harga masih bagus, stabil. Seperti daging ayam yang berkisar Rp37 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram. Masih sangat bagus bagi konsumen dan mudah-mudahan juga bagi produsen," tuturnya.

2. Beras SPHP di Pasar Johar dijual Rp12 ribu

Cek ke Pasar Johar, Bapanas Anggap Harga Daging Ayam Masih BagusDeputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa cek penjualan daging ayam di Pasar Johar Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara itu, harga bawang putih terpantau berkisar Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram. Adapun komoditas bawang putih terpantau mengalami Rp28 ribu per kilogram.

Dalam sidak tersebut, diketahui harga beras SPHP dijual Rp12 ribu perkilogram. Sementara daging sapi berada di rentang harga Rp120-Rp135 ribu perkilogram. Adapun minyak goreng tercatat berada di kisaran Rp19 ribu.

Terkait harga gula pasir, Ketut menyebut Bapanas telah mengeluarkan beleid terkait Harga Acuan Pembelian (HAP) sebesar Rp 17.500 di tingkat konsumen. Ia juga berharap agar harga di tingkat petani, tidak anjlok meskipun akan memasuki giling tebu.

Ia mengatakan, terus bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan.

"Dari sisi pusat kami men-trigger Pemda ajak kolaborasi, khusus untuk Provinsi Jateng sangat kolaboratif responsif, bahkan kadang duluan turun tangan untuk pantau kondisi di lapangan. Kami di pusat memperkuat peran Bulog tatkala harga rendah di sisi hulu, maka peran Bulog harus kita tingkatkan peran. Termasuk BUMN lainnya. Maka ini kolaboratif untuk menjaga stabilisasi hulu dan hilir," paparnya. 

3. Dishanpan minta tambahan anggaran

Cek ke Pasar Johar, Bapanas Anggap Harga Daging Ayam Masih Bagus

Kepala Dishanpan Jateng Dyah Lukisari mengatakan, pihaknya selalu memantau kondisi di pasar. Pihaknya juga akan mempersiapkan rencana subsidi, terkait kondisi cuaca dan menyongsong hari besar keagamaan.

"Antisipasi musim kering dan Nataru, kami akan mengajukan tambahan anggaran di perubahan untuk subsidi harga ini diberikan sesuai kondisi. Saat di tingkat produsen penurunan harga di bawah HAP, kami masuk ke produsen. Ketika harga ditingkat konsumen jauh melebihi hap kita masuk ke konsumen. Saat ini sedang berproses menghitung kebutuhan tambahan anggaran untuk subsidi dan bantuan transport," urai Dyah.

Hal serupa diungkapkan Sekretaris Dishanpan Kota Semarang Pranyoto. Menurutnya, kini tengah dipersiapkan Peraturan Wali Kota Semarang terkait subsidi harga pangan.

Pedagang di Pasar Johar Selatan Tilah mengaku, kondisi harga kini masih stabil. Selain itu pasokan barang pun masih sangat mencukupi.

"Pasokan cukup, bahkan untuk ngebaki toko pun bisa. Terkait harga cuma bawang merah saja yang turun lainnya stabil," pungkas Tilah.

Baca Juga: Atasi Kemiskinan Ekstrem, Bapanas Siapkan Revisi Aturan Bantuan Pangan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya