Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan saat Lebaran 2024

KAI janji berikan pengalaman berkesan saat arus mudik 2024

Intinya Sih...

  • KAI akan operasikan 3 kereta api tambahan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Semarang
  • Total ada enam perjalanan kereta api setiap hari, dengan tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan web kai.id
  • KAI berjanji memberikan kesan penuh makna dengan menyediakan takjil gratis, doorprize lebaran, makanan untuk anak-anak, dan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api

Semarang, IDN Times - Sebanyak tiga kereta api tambahan dioperasikan untuk jurusan Semarang selama momentum arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Kereta api tambahan mulai diaktifkan mulai 31 Maret 2024 sampai 21 April 2024.

Baca Juga: Pelni Semarang Operasikan 6 Kapal Angkut Pemudik Lebaran 2024

1. Tiket kereta api tambahan bisa dipesan dari aplikasi resmi KAI

Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan saat Lebaran 2024ilustrasi peron stasiun kereta api (KA). (dok. KAI)

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengungkapkan, dengan adanya kereta api tambahan, maka total ada enam perjalanan kereta api yang berjalan saban hari.

Dirinya merinci kereta api tambahan yang dimaksud antara lain KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol-Tegal PP, KA Ciremai dengan relasi Semarang Tawang-Bandung PP, dan KA Argo Merbabu dengan relasi Semarang Tawang-Gambir PP. 

"Tiket KA tambahan tersebut dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya," kata Franoto, Rabu (27/3/2024).

Sementara untuk loket di stasiun kini hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

2. Penambahan kereta api untuk akomodir kebutuhan warga Jateng

Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan saat Lebaran 2024ilustrasi peron stasiun kereta api (KA). (dok. KAI)

Selain tiga kereta api tambahan tersebut, juga terdapat empat kereta api tambahan lainnya yang melintas wilayah Daop 4 Semarang meliputi 2 KA Sembrani ekstra jurusan Surabaya Pasarturi-Gambir PP, KA Brantas ekstra jurusan Blitar-Pasar Senen PP, dan KA Kertajaya ekstra jurusan Surabaya Pasarturi-Pasar Senen PP.

Penambahan perjalanan kereta api dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat selama momen libur Lebaran di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah.

3. Daop 4 janji berikan kesan bermakna selama arus mudik

Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan saat Lebaran 2024Stasiun Semarang Poncol (commons.wikimedia.org/A2613)

Pihaknya pun berjanji bahwa KAI akan berusaha memberikan hal menyenangkan bagi penumpang kereta api agar mereka dapat kesan yang penuh makna. 

Untuk memberikan kesan pada momen Lebaran ini, pihaknya mengklaim juga akan memberikan takjil gratis di stasiun, doorprize lebaran di kereta dan makanan untuk anak-anak serta menghadirkan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api. 

“Kami berharap, perjalanan kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna," tutur Franoto.

4. Okupansi kereta api baru 41 persen

Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan saat Lebaran 2024Ruas rel kereta api saat dilintasi truk trailer dan motor dengan kondisi ada sedikit genangan air. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Lebih jauh lagi, secara keseluruhan pihaknya menyediakan sebanyak 421.020 tempat duduk atau rata-rata 19.137 tempat duduk per harinya selama momentum libur Lebaran 2024. Adapun sampai dengan saat ini tgl 26 Maret 2024 pukul 10.00 WIB, tingkat keterisian tempat duduk atau okupansi baru 41 persen. 

Sedangkan untuk jumlah perjalanan kereta api terdapat sebanyak 34 KA yang dioperasikan oleh Daop 4 Semarang dan sebanyak 70 KA yang melintas.

“Sehingga total ada sebanyak 104 KA penumpang yang akan beroperasi setiap harinya selama periode Angkutan Lebaran Tahun 2024,” kata Franoto.

Baca Juga: KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis ke Semarang, Yuk Serbu!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya