Dear Ortu! Imunisasi Polio se-Jateng Akan Diulang Akhir Januari 2024

Dinkes Jateng lakukan perencanaan alokasi vaksin polio

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan Jawa Tengah akan melakukan pengulangan tahapan imunisasi polio di seluruh 35 kabupaten/kota pasca ditemukannya kasus anak yang menderita penyakit tersebut di Kabupaten Klaten. Pengulangan imunisasi polio akan dikerjakan tim medis Dinkes pada akhir Januari 2024 nanti. 

Baca Juga: Apakah Polio Bisa Disembuhkan?

1. Pengulangan imunisasi polio dikerjakan serentak

Dear Ortu! Imunisasi Polio se-Jateng Akan Diulang Akhir Januari 2024Vaksinasi IPV 2 tau polio 2 di Klaten. (IDN Times/Larasati Rey)

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jateng, Irma Makiah, mengaku pengulangan imunisasi polio akan dikerjakan serentak. Sehingga nantinya bisa mengetahui seberapa banyak prosentase tindakannya. 

"Meski hanya satu kasus, tapi semua harus diulang serentak tanpa lihat status vaksinasi sebelumnya. Karena bagaimana pun kan, si anak (positif) juga sempat jalan kemana-mana," kata Irma, Rabu (3/1/2024). 

2. Dimanfaatkan untuk putus penularan virus polio

Dear Ortu! Imunisasi Polio se-Jateng Akan Diulang Akhir Januari 2024ilustrasi vaksin polio tetes (flickr.com/USAID U.S. Agency for International Development)

Ia menjelaskan kasus polio memang sudah ditemukan di Klaten. Anak yang tertular polio ada satu orang. "Jateng hanya satu di Klaten itu saja. Pencegahanya nanti sesuai SOP," terangnya. 

Adanya pengulangan imunisasi polio tersebut, katanya merupakan program Sub PIN Polio dengan maksud memberi tindakan medis untuk memutus mata rantai penyebaran virus polio yang rentan menyebabkan lumpuh layu pada anak.

3. Dinkes imbau ortu lakukan imunisasi polio ke anaknya

Dear Ortu! Imunisasi Polio se-Jateng Akan Diulang Akhir Januari 2024Ilustrasi vaksin polio (Dok. Istimewa)

Dengan adanya kasus polio di Klaten, Irma kembali mengingatkan agar masyarakat kembali menegakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Tak hanya itu, ia meminta kepada setiap orangtua untuk melakukan imunisasi kepada anaknya sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Jangan lupa ajak anak imunisasi di Pukesmas. Patuhi jadwal. Karena itu paling penting untuk cegah penyakit itu (polio)," paparnya. 

4. Dinkes Jateng tunggu kiriman vaksin dari Kemenkes

Dear Ortu! Imunisasi Polio se-Jateng Akan Diulang Akhir Januari 2024Puskesmas Cabangbungin menggenjot pelaksanaan Program Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua di Posyandu Cempaka 5 Desa Jayalaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/5). (Dok. Pemprov Jabar)

Lebih lanjut, menurutnya proses pengulangan imunisasi polio serentak se-Jateng ini dijadwalkan sekitar minggu ketiga Januari 2024. 

Untuk mematangkan persiapan, katanya masing-masing pemerintah kabupaten/kota sedang menyiapkan segala jenis layanan penyuntikan polio. Termasuk juga menunggu alokasi logistik vaksin dari Kemenkes. 

Soal berapa jumlah vaksin polio yang dibutuhkan di Jateng, Irma berkata pihaknya masih menyusun perencanaannya. Sebab saat ini, pihaknya masih melakukan mikro plening.

"Belun bisa kasih data ya, takut salah, masih perencanaan jumlah sasaran soalnya. Ini juga masih kordinasi logistiknya juga sama Kemenskes. Namun untuk jenisnya nanti nOPV2," akunya. 

Baca Juga: Kemenkumham Jateng Deteksi Dini Awasi Pengungsi

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya