Ditemukan Surat Suara Rusak di Jateng, Nana Sudjana: Dalam Waktu Dekat Diganti

Nana Sudjana tinjau persiapan Pemilu di Barang dan Pekalongan

Semarang, IDN Times - Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana secara intens mengecek persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di wilayahnya, seiring dengan semakin dekatnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024.

Setelah beberapa hari lalu mengecek kesiapan KPU Sukoharjo, Surakarta, dan Brebes, Nana mengecek kesiapan di Kabupaten Pekalongan dan Batang.

Baca Juga: Tensi Politik Menghangat, Nana Sudjana Kumpulkan Pengurus 18 Parpol

1. Nana Sudjana sebut DP4 di Batang sudah 97,4 persen

Ditemukan Surat Suara Rusak di Jateng, Nana Sudjana: Dalam Waktu Dekat DigantiPj Gubernur Jateng Nana Sudjana memantau langsung persiapan akhir pengangkutan logistik Pemilu. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Berdasarkan hasil pantauannya, KPU Kabupaten Pekalongan dan KPU Batang dipastikan sudah siap menyelenggarakan gelaran elektoral lima tahunan tersebut.

Di Kabupaten Pekalongan, hingga pekan kedua Januari 2024, cakupan perekaman data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sudah mencapai 99,19 persen. Sementara di Kabupaten Batang, prosentasenya di angka 97,04 persen. 

Untuk kebutuhan logistik, baik di Kabupaten Pekalongan maupun Batang, sudah menerima dari KPU RI. KPPS maupun Linmas di kedua kabupaten tersebut sudah terpenuhi.

“Saya sudah berkeliling di beberapa kabupaten, Saya datangi KPU Kabupaten/kota untuk menanyakan kesiapan pelaksanaan pemilu. Sampai saat ini, kesiapan dari KPU di kabupaten-kabupaten yang kami kunjungi sudah siap,” kata Nana, Rabu (31/1/2024). 

2. Ada surat suara rusak di sejumlah daerah

Ditemukan Surat Suara Rusak di Jateng, Nana Sudjana: Dalam Waktu Dekat DigantiWarga menunjukkan model surat suara pemilihan presiden saat simulasi pencoblosan pemilu di TPS 31 Penancangan Kota Serang, Banten, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Di sejumlah daerah memang masih ditemukan sejumlah logistik surat suara yang rusak, namun jumlahnya sedikit.

"Dalam waktu dekat akan segera diganti oleh yang baru,” tutur Nana.

3. Logistik pemilu diserahkan PPK 5 Februari nanti

Ditemukan Surat Suara Rusak di Jateng, Nana Sudjana: Dalam Waktu Dekat DigantiWarga menerima vertas suara saat mengikuti simulasi pemungutan suara di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sesuai jadwal, logistik akan diserahkan ke PPK pada 5 Februari 2024. Setelah diterima PPK akan didistribusikan ke masing-masing kelurahan. Selanjutnya diserahkan ke masing-masing TPS. 

4. Nana Sudjana minta warga jangan gampang terprovokasi

Ditemukan Surat Suara Rusak di Jateng, Nana Sudjana: Dalam Waktu Dekat DigantiSimulasi pencoblosan di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Nana menambahkan, pihaknya saat ini terus menggencarkan sosialisasi pemilu damai. Harapannya, masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap berbagai informasi yang diterima, terutama yang didapatkan lewat media sosial.

“Kami berharap masyarakat mendukung dan turut mensukseskan pelaksanaan pemilu. Supaya pemilu berjalan dengan tertib dan berjalan dengan sukses," ujar Nana. 

Baca Juga: Propam dan CPM Pantau Netralitas, Warga Jateng Boleh Wadul Lewat WA

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya