Golkar: Pilgub Jateng Jadi Tantangan Berat bagi Ahmad Luthfi dan Kepolisian

Golkar calonkan Ahmad Luthfi jadi gubernur Jateng

Intinya Sih...

  • Golkar mencalonkan Ahmad Luthfi sebagai gubernur Jawa Tengah, yang merupakan perwira tinggi kepolisian.
  • Luthfi akan mengubah tradisi kepemimpinan di Jawa Tengah yang selama ini melekat dengan sosok militer.
  • Partai Golkar berharap Luthfi dapat memberikan peningkatan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia jika terpilih sebagai gubernur.

Semarang, IDN Times - Proses pencalonan Ahmad Luthfi pada kontestasi Pilgub Jawa Tengah akan menjadi sebuah tantangan terberat bagi institusi kepolisian. Musababnya, menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu Golkar Jawa Tengah-DIY, Iqbal Wibisono, Luthfi merupakan satu-satunya figur calon gubernur yang diusung dari perwira tinggi kepolisian. 

Sehingga sosok Luthfi nantinya akan mendobrak tradisi yang melekat di Provinsi Jawa Tengah. 


"Pastinya untuk Pemilihan Gubernur ini akan menjadi ujian yang berat bagi Pak Luthfi. Ini akan jadi pertaruhan nama baiknya, sebagai pimpinan kepolisian daerah Jawa Tengah juga sebagai pribadinya sendiri," kata Iqbal kepada IDN Times, Senin (1/7/2024). 



Baca Juga: Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Pamit di Peringatan HUT Bhayangkara

1. Luthfi bisa jadi satu-satunya gubernur dari unsur polisi

Golkar: Pilgub Jateng Jadi Tantangan Berat bagi Ahmad Luthfi dan Kepolisianbnp.jambiprov.go.id

Ia juga bilang apabila nantinya terpilih sebagai gubernur Jawa Tengah, maka Ahmad Luthfi akan mengubah tradisi gaya kepemimpinan yang ada selama ini. Pasalnya, gubernur Jawa Tengah sejak beberapa dekade terakhir melekat dengan sosok militer. Mulai Gubernur Jateng periode 1975-1983 Suparjo Rustam, Gubernur Jateng periode 1998-2003 Mardiyanto dan Gubernur Jateng periode 2008-2013, Bibit Waluyo. 


"Kalau Pak Luthfi ini nanti terpilih di Pilgub, maka dia satu-satunya perwira polisi yang pertama kali jadi Gubernur Jateng," terangnya. 

2. Luthfi diminta tingkatkan kualitas jalan dan jembatan

Golkar: Pilgub Jateng Jadi Tantangan Berat bagi Ahmad Luthfi dan KepolisianKetua Bapilu Golkar Wilayah Jawa Tengah dan DIY Iqbal Wibisono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Partainya saat ini menjadi poros yang mengusung Ahmad Luthfi sebagai gubernur. Ia berpesan supaya sosok gubernur nantinya harus punya jiwa enterpreneur sekaligus punya daya terawang yang luas agar mampu mengantisipasi berbagai persoalan di Jawa Tengah. 


Di samping itu, partainya juga menginginkan sosok gubernur bisa memberi peningkatan sarana infrastruktur. Sehingga Jateng terbebas dari semua aspek. 


"Dengan dilakukan peningkatan jalan dan jembatan diharapkan mampu berikan nilai lebih," akunya. 

3. Golkar beri pesan khusus ke Luthfi

Golkar: Pilgub Jateng Jadi Tantangan Berat bagi Ahmad Luthfi dan KepolisianKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Wakapolsa Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Yang terpenting lagi, katanya calon gubernur harus merupakan figur yang pantes dan mentes. Kemudian taat kepada Tuhan YME supaya saat memimpin punya kepedulian sosial kepada masyarakat Jawa Tengah. 


Secara khusus partainya memberi tugas khusus kepada Ahmad Luthfi jika terpilih sebagai gubernur perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 


"Baik itu melalui jalur pendidikan harus bisa mengejar kekurangan, bidang kesehatan juga perlu diperhatikan agar manusia yang intelektual tinggi jangan sampai sakit-sakitan. Baru ketiga ini mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Karena kalau masyarakat banyak yang miskin maka sumber kemiskinan akan kembali ke Jateng," pungkasnya.

Baca Juga: PAN Umumkan Paslon untuk Pilgub Jakarta, Jabar dan Jateng Akhir Juli

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya