H+4, Pemudik Asal Semarang yang Balik Jakarta dan Bandung Bertambah 32 Persen

Daop 4 gratiskan biaya bagasi

Semarang, IDN Times - Jumlah pemudik asal Semarang yang kembali ke Jakarta, Surabaya dan Bandung mengalami lonjakan hingga 32 persen memasuki H+4 Lebaran 2024. Para pemudik yang jumlahnya mencapai 31.557 orang itu naik kereta api dari sejumlah stasiun wilayah Daop 4 Semarang. 


"Jika dibandingkan dengan periode sebelum arus balik angkutan lebaran, jumlah penumpang naik pada periode arus balik ini meningkat sebanyak 32 persen dari rata-rata jumlah penumpang naik sebanyak 23.744 penumpang menjadi 31.557 penumpang per harinya," kata Franoto Wibowo, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Senin (15/4/2024).

 

Baca Juga: 5.220 Pemudik Balik ke Perantauan Lewat Bandara Ahmad Yani Semarang

1. Enam stasiun dipadati pemudik

H+4, Pemudik Asal Semarang yang Balik Jakarta dan Bandung Bertambah 32 PersenPenumpang kereta api berjalan di selasar stasiun (IDN Times/Dok Humas KAI)

Ia menyebutkan terdapat enam stasiun yang dipadati para pemudik di hari ini. Keenam stasiun yang dimaksud Franoto ialah Stasiun Poncol Semarang, Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Cepu, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal dan Stasiun Pemalang. 


Lebih jauh, rincian penumpang kereta api yang ada di enam stasiun itu antara lain Stasiun Tawang dengan jumlah penumpang naik rata-rata 8.139 penumpang per hari, Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 5.800 penumpang per hari, Stasiun Tegal dengan jumlah 5.732 penumpang per hari, Stasiun Pekalongan dengan jumlah 3.907 penumpang per hari, Stasiun Pemalang dengan jumlah 2.094 penumpang per hari, dan Stasiun Cepu dengan jumlah 1.888 penumpang per hari.

2. 30 ribu pemudik akan balik naik kereta api

H+4, Pemudik Asal Semarang yang Balik Jakarta dan Bandung Bertambah 32 PersenSeorang potter Stasiun Tawang Semarang berjalan di tengah kerumunan penumpang kereta api. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Bahkan, ia mengklaim hari ini akan ada 30 ribuan pemudik yang akan bertolak ke Jakarta menggunakan kereta api. 


"Sampai hari ini kepadatan penumpang di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang masih terasa. Diperkirakan masih ada lebih dari 30 ribu penumpang akan berangkat menggunakan kereta api meninggalkan wilayah Daop 4," urainya. 


Selain itu, kepadatan penumpang juga didominasi adanya penumpang KA lokal dengan relasi Semarang - Pekalongan - Tegal PP dan Semarang - Ngrombo - Cepu PP.

3. Calon penumpang diminta atur waktu yang cukup biar gak ketinggalan

H+4, Pemudik Asal Semarang yang Balik Jakarta dan Bandung Bertambah 32 PersenPenumpang kereta api di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Dok. Daop 8 Surabaya.

Sesuai datanya, puncak arus balik terjadi Minggu 14 April 2024 dengan jumlah penumpang naik menggunakan kereta api sebanyak 33.444 penumpang.


Ia mengimbau kepada seluruh calon penumpang agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan ketinggalan kereta api. 


“Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen Lebaran, kami mengingatkan agar masyarakat tetap menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan,” kata Franoto.


Pihaknya juga mengingatkan lagi aturan bagasi. Calon penumpang diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli. 


“KAI terus berkomitmen untuk mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna pada masa angkutan Lebaran 2024 dengan mengantarkan seluruh pelanggan kereta api selamat, aman dan tepat waktu sampai dengan stasiun tujuan,” tutup Franoto.

Baca Juga: Arus Balik Potensi Hujan Lebat, Pemprov Jateng Siagakan Peralatan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya