Idul Adha, Petugas PLTGU Tambaklorok Sibuk Jaga Pasokan Listrik Jateng-DIY

Indonesia Power pastikan kehandalan listrik aman

Intinya Sih...

  • PLN Indonesia Power UBP Semarang memastikan kehandalan pasokan listrik menjelang Idul Adha di Jawa Tengah dan DIY.
  • Petugas melakukan pembersihan instalasi pembangkit listrik dengan proses overhaul untuk memastikan kinerja mesin.
  • Tim ahli dilengkapi pelatihan dan sertifikasi untuk melakukan pemeliharaan rutin guna menjaga performa excellence dalam penyediaan energi listrik.

Semarang, IDN Times - Mendekati momentum Idul Adha rupanya membuat para petugas PLN Indonesia Power UBP Semarang menjadi super sibuk menyiapkan kehandalan pasokan listrik untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Beberapa hari terakhir para petugas mengerjakan pembersihan pada instalasi pembangkit di kompleks PLTGU Tambaklorok Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 

Baca Juga: Sampah Banjir Menumpuk, Petugas Bersihkan Water Intake PLTGU Tambaklorok

1. Petugas bersihkan dan ganti oli mesin turbin

Idul Adha, Petugas PLTGU Tambaklorok Sibuk Jaga Pasokan Listrik Jateng-DIYSeorang petugas Indonesia Power membersihkan pipa pembangkit listrik di PLTGU Tambaklorok Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Flavianus Erwin Putranto, Senior Manager PLN IP UBP Semarang mengatakan aktivitas pembersihan instalasi pembangkit listrik di PLTGU dinamakan overhaul. 

Proses overhaul di bulan ini untuk menjaga kehandalan mesin. Terutama pada lokasi Gas Turbine Generator (GTG) Unit 2.1 dan Gas Turbine Generator Unit (GTG) 2.2. 

Lalu ada juga pemeliharaan cumbostion inspection meliputi pembersihan dan perbaikan serta penggantian (roll in dan roll out) pada nozzle gas dan lube oil/minyak, combustion, transition piece dan ignitor.

"Pemeliharaan ini bertujuan untuk menjaga efisiensi kinerja unit dan memastikan bahwa mesin pembangkit di sisi turbin dapat bekerja dengan normal," ujar Erwin kepada IDN Times, Jumat (14/6/2024). 

2. Dilengkapi teknologi kekinian

Idul Adha, Petugas PLTGU Tambaklorok Sibuk Jaga Pasokan Listrik Jateng-DIYPetugas naik ke atas turbin pembangkit. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia menegaskan untuk proses pemeliharaan dilakukan tim ahli dari PT PLN IP UBP Semarang secara swakelola.

Mereka dilengkapi dengan pelatihan berkelanjutan dan tersertifikasi serta akses ke teknologi kekinian.

"Selain itu, mereka memastikan selalu siap untuk menghadapi berbagai situasi," sambungnya. 

3. Tim lakukan diagnosa sesuai rumus 5 ON

Idul Adha, Petugas PLTGU Tambaklorok Sibuk Jaga Pasokan Listrik Jateng-DIYPetugas juga mengganti oli generator pada turbin pembangkit PLTGU Tambaklorok Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurutnya keahlian ini memungkinkan tim untuk melakukan diagnosa masalah dengan cepat dan tepat sesuai kaidah 5 ON (On Safety, On Scope, On Quality, On Time dan On Cost). Sehingga setiap regu petugas bisa mengimplementasikan solusi yang efektif dan efisien.

“Kegiatan pemeliharaan rutin merupakan salah satu upaya kami untuk dapat menjaga performa excellence dalam penyediaan energi listrik. Mengingat peran vital dari PT PLN UBP Semarang sebagai salah satu pemasok energi listrik di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kami berharap masyarakat dapat melaksanakan ibadah dan merayakan Idul Adha dengan khusyuk, khidmat dengan pasokan listrik yang memadai," ungkapnya. 

4. Diharapkan pasokan listrik terjamin

Idul Adha, Petugas PLTGU Tambaklorok Sibuk Jaga Pasokan Listrik Jateng-DIYSejumlah petugas mengganti kabel instalasi pembangkit di PLTGU Tambaklorok. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia pun menambahkan bahwa melalui kegiatan pemeliharaan unit pembangkit diharapkan dapat meningkatkan kinerja mesin pembangkit.

"Sehingga pasokan listrik jelang hari raya Idul Adha yang diperingati oleh seluruh muslim di Indonesia dapat terjamin," tandasnya. 

Baca Juga: Biar Lebih Irit, PLTGU Tambak Lorok Semarang Pasang PLTS Rooftop dan PLTS Apung

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya