Comscore Tracker

Kepala Kemenkumham Jateng Meninggal, Dirawat Karena COVID-19

Almarhum meninggal di RS Pasar Minggu

Semarang, IDN Times - Kabar duka datang dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah. Sabtu (16/1/2021), pukul 06.45 pagi, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Priyadi dikabarkan meninggal dunia.

Priyadi wafat setelah mendapat perawatan intensif di ruang ICU RS Pasar Minggu, Jakarta. 

1. Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng kena virus Corona saat liburan

Kepala Kemenkumham Jateng Meninggal, Dirawat Karena COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasmi Saefi, Kasubag Humas PPHTI Kemenkumham Jawa Tengah mengatakan almarhum sebelumnya telah didiagnosa tertular virus Corona saat berada di rumahnya, kawasan Depok.

"Beliau meninggalnya karena terpapar COVID-19. Tertularnya saat beliau pulang ke rumahnya di Depok untuk menghabiskan waktu saat libur panjang Natal dan pergantian tahun 2020 kemarin," kata Hasmi saat dikontak IDN Times.

Baca Juga: Bagikan Remisi Untuk 5.991 Napi, Kemenkumham Jateng Hemat Rp9,6 Miliar

2. Kepala Kemenkumham Jateng sempat dirawat di ICU RS Pasar Minggu

Kepala Kemenkumham Jateng Meninggal, Dirawat Karena COVID-19Ilustrasi Natal. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Hasmi bilang kemungkinan besar almarhum meninggal dunia saat liburan di Jakarta. Sebab, sejak libur panjang almarhum belum pernah balik ke Semarang.

Ia menyampaikan mulai tanggal 23 Desember, almarhum memutuskan pulang ke rumahnya untuk berkumpul dengan keluarganya.Namun, tepat tanggal 4 Januari 2021 kemarin, almarhum merasa kondisi kesehatannya menurun. 

"Pas 4 Januari beliau ngerasain badannya mulai gak enak. Terus setelah check up ke rumah sakit, beliau memang tertular COVID-19. Lalu dirawat di IGD RS Pasar Minggu. Sekitar seminggu yang lalu dia dipindahkan ke ICU, ternyata kita dapat kabar kalau jam 6.45 tadi beliaunya meninggal dunia," ujar Hasmi.

3. Jenazah Kepala Kemenkumham dimakamkan di kuburan COVID-19

Kepala Kemenkumham Jateng Meninggal, Dirawat Karena COVID-19Mobil Jenazah yang mengantarkan jenazah pasien COVID-19 ke TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Ia mengungkapkan kabar tersebut cukup mengagetkan para pegawai Kemenkumham Jateng. Jenazah almarhum pada Sabtu siang dimakamkan di sebuah pemakaman khusus COVID-19 di Jakarta Selatan. "Dimakamkan di Sawah Srengseng, lokasi makam yang baru dipakai untuk pemakaman COVID-19 tiga hari yang lalu," bebernya.

Lebih lanjut, ia menyatakan protokol kesehatan saat ini diterapkan dengan ketat di lingkungan kantor Kemenkumham Jateng. Pihaknya mengaku selama pandemik COVID-19 sudah ada sejumlah pegawai yang terpapar COVID-19. Kondisi mereka rata-rata tanpa gejala alias OTG.

"Kita kan sudah lakukan standar kesehatan yang sangat ketat. Pegawai yang tertular juga OTG dan hasil pemeriksaan terakhir sudah negatif. Maka kita sampaikan duka yang mendalam atas wafatnya pak kakanwil," pungkasnya.

Untuk pejabat yang menggantikan posisi almarhum, ia bilang belum ada. Untuk sementara Kadiv Administrasi Jasmin Ali ditunjuk sebagai pelaksana harian Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng.

Baca Juga: 70 Daerah Status Zona Merah COVID-19: Jateng Terbanyak, DIY Semuanya

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya