Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Resmi Jadi Pj Bupati Kudus, Ngaku Punya Modal Ini

Chabibie tetap siap jalankan tugas

Semarang, IDN Times - Teka-teki siapa sosok yang mengisi posisi jabatan Penjabat (Pj) Bupati Kudus dan Pj Bupati Tegal akhirnya terungkap. Saat acara pelantikan serah terima jabatan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang, yang dilantik sebagai Pj Bupati Kudus menggantikan Bergas Catursasi Penanggungan adalah Muhammad Hasan Chabibie. 

Chabibie sebelumnya merupakan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Sedangkan sosok yang mengisi pos jabatan Pj Bupati Tegal ialah Agustyarsyah. Agustyarsyah yang sebelumnya menjadi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kapus Pengembangan SDM) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara (Kementerian ATR/BPN) hari ini juga resmi menggantikan Umi Azizah yang pensiun sebagai Bupati Tegal. 

Baca Juga: Pj Bupati Kudus Diganti, Nana Sudjana, Penggantinya ASN Kemendikbud

1. Chabibie kaget jadi Pj Bupati Kudus

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Resmi Jadi Pj Bupati Kudus, Ngaku Punya Modal IniPj Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie menunjukkan tongkat yang diberikan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Chabibie saat dimintai tanggapan usai sertijab mengaku kaget ketika ditunjuk sebagai Pj Bupati Kudus. Pasalnya selama ini ia lebih banyak berkutat pada pekerjaan yang urusannya dengan pendidikan serta kebudayaan. 

"Betul kalau bicara kaget pasti kaget ya, tapi sekali lagi kita kan ASN, ASN memang diberi tugas, diberi amanah, bismillah mohon doanya," ujar Chabibie, Rabu (10/1/2024). 

2. Pede bisa lakukan inovasi di Kudus

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Resmi Jadi Pj Bupati Kudus, Ngaku Punya Modal IniAgustyarsyah dilantik sebagai Pj Tegal dan Muhammad Hasan Chabibie sebagai Pj Bupati Kudus. (IDN Times/Fariz Fardianto (

Chabibie berkata dirinya sebagai seorang aparatur negara sudah menyiapkan diri untuk ditempatkan di posisi jabatan manapun. 

Lebih lanjut, Chabibie pun berkomitmen untuk menjalankan program dan capaian yang sudah bagus di Kabupaten Kudus. Nantinya ia juga akan melakukan inovasi dan terobosan baru demi kesejahteraan masyarakat Kota Kretek. 

Basic pekerjaannya di bidang pendidikan membuat ia percaya diri bisa memimpin Kabupaten Kudus. Ini, katanya karena sektor pendidikan tak bisa dilepaskan dari kebudayaan. 

"Karena basic saya dari pendidikan saya sangat yakin SDM menjadi modal utama dalam proses tata kelola apapun, saya sangat yakin masyarakat Kudus sangat kental dengan dunia pendidikan, dunia santri dunia kebudayaan. Itu modal luar biasa untuk berkolaborasi demi kemajuan Kudus," paparnya. 

3. Nana Sudjana minta Pj Kudus atasi stunting dan kemiskinan

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Resmi Jadi Pj Bupati Kudus, Ngaku Punya Modal IniPj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Larasati Rey)

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan agar keduanya segera menyesuaikan diri dengan karakteristik masing-masing daerah. Ada program yang harus dilakukan. Meliputi penurunan angka stunting, kemiskinan, pengangguran, dan pengendalian inflasi. 

"Bagi penjabat baru tentunya mereka segera beradaptasi, segera mempelajari karakteristik di masing-masing daerah dan segera melakuakn langkah program prioritas pusat dan harus segera dilakukan kemiskinan, stunting penganguran dan lain-lain," katanya. 

Baca Juga: Bergas Catursasi Pakai Anggaran Rp19,2 M untuk Atasi Stunting di Kudus

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya