Klaim Syarat Cukup, PKB dan Demokrat Jajaki Koalisi Pilgub Jateng

PKB punya 20 kursi. Demokrat 7 kursi

Semarang, IDN Times - Elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk memanaskan bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. PKB mengaku mengusulkan nama Yusuf Chudlori. Sedangkan Demokrat memasang nama Ketua DPD Demokrat Jateng, Rinto Subekti. 

Baca Juga: Tanggapi Masif Baliho Dirinya, Kapolda Jateng Tepis Untuk Maju Pilkada

1. Demokrat PKB sudah bisa usung calon gubernur sendiri

Klaim Syarat Cukup, PKB dan Demokrat Jajaki Koalisi Pilgub JatengIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori mengatakan partainya dan Demokrat sudah memenuhi syarat formal jika ingin maju Pilgub Jateng. PKB dengan 20 kursi dan Demokrat 7 kursi.

"Syaratnya sudah cukup. Tapi tentunya semua juga harus memikirkan komponen-komponen lain. Jadi semuanya masih dinamis," ujar Gus Yusuf, Sabtu (27/4/2024). 

2. PKB senang dengan respon Demokrat

Klaim Syarat Cukup, PKB dan Demokrat Jajaki Koalisi Pilgub JatengKetua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menerima Presiden Terpilih Prabowo Subianto di DPP PKB. (IDN Times/Amir Faisol)

Pihaknya menyambut baik kedatangan jajaran Demokrat Jawa Tengah yang bersilaturahmi ke partainya. Apalagi dengan niatan membawa provinsi Jawa Tengah semakin lebih baik.
 
Gus Yusuf mengatakan cukup senang dengan sikap Demokrat yang membuat langkah maju dalam melakukan komunikasi politik. Termasuk mengajak PKB bekerja sama membawa Jateng semakin maju, makmur dan menyusul sejumlah ketertinggalan dari provinsi lainnya.

"Karenanya kita bisa bekerja sama dengan Demokrat, baik di fraksi parlemen maupun nanti dalam Pilgub atau Pilkada," terangnya.
 
Gus Yusuf menambahkan, saat ini arah politik berubah dan semakin dinamis. Partai sebesar apapun, tetap butuh komponen-komponen lain dalam memajukan daerah.

Namun, diakuinya untuk Pilkada 35 kabupaten/kota, ada semacam kearifan lokal yang tidak bisa dibendung. Satu sisi, penentuan calon yang diusung dalam Pilkada Jateng menjadi kewenangan pengurus DPP. "Namun kita yakin, DPP tak akan meninggalkan aspirasi dari tingkat daerah maupun provinsi," paparnya. 

3. Demokrat butuh kearifan lokal untuk Pilgub Jateng

Klaim Syarat Cukup, PKB dan Demokrat Jajaki Koalisi Pilgub JatengKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ketua Demokrat Jateng, Rinto Subekti mengatakan akan berkolaborasi dengan PKB karena setidaknya bisa menjadi tahapan awal untuk membangun komunikasi menjelang kontestasi Pilgub.
 
"Di Pilgub kita ingin ada kerja sama dengan PKB. Namun di tingkatan daerah, ada kearifan lokal sendiri. Sehingga mungkin ada juga yang kerja sama, namun ada yang saling berkompetisi," kata Rinto. 

Baca Juga: Kapolda Jateng: Banyak Tokoh Bisa Jadi Pemimpin, Tidak Usah Khawatir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya